Bupati HSU Resmikan Ekowisata Swargaloka Haur Gading

Bupati HSU Resmikan Ekowisata Swargaloka Haur Gading

19th August 2021 0 By admin

AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki obyek wisata baru yang berlokasi di Desa Pulantani, Kecamatan Haur Hading. Destinasi wisata ini diberi nama Ekowisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan atau disingkat Ekowisata yang disingkat SWARGALOKA.

Rabu 28/7 bertempat di halaman kantor Kepala Desa Pulantani, ekowisata Swargaloka diresmikan Bupati HSU H. Abdul Wahid HK ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian ekowisata Swargaloka Kecamatan Haur Gading.

Peresmian ekowisata Swargaloka dipadukan dengan penanaman pohon dalam rangka peringatan HUT KNPI ke-48. Kegiatan ini selain dihadiri langsung oleh Bupati HSU, juga dihadiri Ketua TP. PKK Kabuoaten HSU beserta jajaran, Sekretaris KNPI Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua DPD KNPI Kab. HSU beserta jajaran, komunitas Rarawa HSU dan pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten HSU serta kapolsek dan danramil Kecamatan Haur Gading.

Prakarsa pembentukan ekowisata Swargaloka Kecamatan Haur Gading Bapak Iwan dalam laporannya mengatakan bahwa pembentukan obyek wisata rawa ini berkat kerjasama lima kepala desa yaitu Kepala Desa Pulantani, Tambak Sari Panji, Jingah Bujur, Keramat dan Teluk Haur.

Iwan berharap keberadaan ekowisata Swargaloka Kecamatan Haur Gading selain sebagai destinasi wisata bernuansa rawa, diharapkan dapat melestarikan lingkungan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dengan banyaknya kunjungan wisatawan.

Iwan juga berharap dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten HSU dan juga SKPD serta masyarakat HSU, khususnya warga kecamatan Haur Gading agar obyek wisata ini bisa berkembang lebih baik.

Sementara Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya dan menyambut baik atas dibukanya ekowisata Swargaloka ini, Wahid berjanji akan memberikan dukungan agar obyek wisata ini bisa berkembang.

Wahid juga minta kepada Kepala SKPD dan stakeholder terkait agar bisa bekerjasama dan memberikan dukungan serta mempromosikan agar ekowisata swargaloka lebih dikenal oleh wisatawan.

Wahid juga berharap keberadaan ekowisata ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat HSU baik dari sisi kunjungan wisatawan ataupun peningkatkan permintaan kerajinan.

Di saat yang sama, Wahid juga mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi covid 19 ini masih belum berakhir.

Usai peresmian, Bupati HSU beserta rombongan melakukan susur awang rawa ke tempat/titik ekowisata Swargaloka.

(HumproHSU)