PEMKAB HSU IKUTI MUSRENBANG RKPD PROV. KALSEL TAHUN 2022

PEMKAB HSU IKUTI MUSRENBANG RKPD PROV. KALSEL TAHUN 2022

29th June 2021 0 By admin

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2022 secara virtual di Mess Negara Dipa Amuntai, Kamis (22/4)

Selain Bupati HSU, Kepala Bappelitbang HSU, Kepala Dinas HSU, Kepala BPBD HSU serta jajaran instansi lainnya juga turut mengikuti jalannya Musrenbang RKPD Prov. Kalsel tahun 2022 kali ini.

Acara dibuka oleh Pj Gubernur, Safrizal ZA, dengan didahului oleh laporan pelaksanaan acara dari Kepala Bappeda Prov. Kalsel, Nurul Fajar Desira. Musrenbang Prov. Kalsel Tahun 2021 ini adalah salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Prov. Kalsel Tahun 2022.

“Pelaksanaan Musrenbang adalah salah satu tahapan proses Pembangunan Daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 55 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan, serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi,” terangnya

Musrenbang tersebut bertujuan menyelaraskan prioritas pembangunan daerah dengan sasaran pembangunan, menyempurnakan rancangan RKPD berdasarkan masukan-masukan, saran dan tanggapan seluruh target yang dicapai.

Sementara Pj. Gubernur  Kalimantan Selatan Safrizal ZA menyampaikan bahwa Musrenbang diselenggarakan sebagai forum bagi berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan sinergi, berkolaborasi serta memberikan masukan, gagasan dan pemikiran bagi perencanaan pembangunan di Kalimantan Selatan pada Tahun 2022.

“Agar tersusun rencana dan keberlanjutan pembangunan yang tepat sasaran serta menjawab tuntutan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan oleh rakyat”, ujar Safrizal menjelaskan pentingnya sinergi, kolaborasi dan masukan dari para pemangku kepentingan.

Masukan para pemangku kepentingan yang dimaksud juga diperlukan dalam penyusunan RKPD. Pak Fajar menjelaskan bahwa masukan tersebut menjadi dasar sebagai penyempurnaan RKPD Tahun 2022.

Adapun Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan, kegiatan Musrenbang ini sebagai upaya memadukan berbagai kebijakan pembangunan untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan signifikan di HSU yang MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahteraga, Agamis dan Produktif) .

“Program pembangunan yang tertunda tahun ini disebabkan adanya pemotongan atau pengalihan anggaran dikarenakan adanya bencana nasional non alam yaitu pandemi wabah Covid-19.” ucap Wahid.

Bupati Wahid mengharapkan, agar Musrenbang ini merupakan suatu kesempatan untuk mengkoordinasikan perencanaan yang betul-betul menyentuh titik permasalahan dan kebutuhan yang berdampak pada kebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

(HumproHSU)