TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, UPACARA HUT KE-75 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI HSU TETAP KHIDMAT

TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, UPACARA HUT KE-75 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI HSU TETAP KHIDMAT

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. Jika upacara tahun sebelumnya dilaksanakan di Lapangan Pahlawan Amuntai, upacara pada tahun ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati HSU dikarenakan pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan pun diterapkan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. Peserta yang berhadir dalam upacara kali ini pun hanya beberapa perwakilan dari setiap instansi.

Meskipun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, upacara yang digelar sederhana dan minimalis ini tetap berlangsung dengan khidmat. Kapten Inf Mahmud Dalli bertindak sebagai komandan upacara, dengan inspektur upacara Bupati HSU Abdul Wahid HK, dan naskah teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka, dilaksanakan acara tambahan penyerahan penghargaan dari Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia atas prestasi Kabupaten dengan pencapaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan 1 unit CSR bus sekolah pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara oleh pimpinan cabang BRI Amuntai kepada Bupati HSU, kemudian penyerahan beasiswa pendidikan bagi siswa/i yang berprestasi dari keluarga kurang mampu (yatim/piatu) sebesar Rp.19.000.000 diserahkan oleh pimpinan Bank Kalsel Cabang Amuntai kepada Bupati HSU, dan penyerahan bantuan CSR Bank Kalsel untuk program Aplikasi Pasar Amuntai secara simbolis.

Acara tambahan ini juga dilanjutkan dengan penyerahan langsung Satyalancana oleh Bupati HSU kepada H. M. Taufik., S.Sos., MM (Sekretaris Daerah HSU) dengan Satyalancana 30 tahun pengabdian kepada negara, H. Adi Lesmana, S.Sos.,M.Si (Kepala Diskominfo HSU) dengan Satyalancana 20 tahun pengabdian, dan yang terakhir dr. Muhammad Yadi Friyadi (Direktur RSUD Pambalah Batung) dengan Satyalancana 10 tahun pengabdian.

Setelah acara tambahan tersebut, Bupati HSU juga memberikan motivasi kepada para generasi muda khususnya yang berhadir dalam upacara.

“Manfaatkan waktu yang masih tersisa di usia muda ini, kalau masih memungkinkan sekolah teruslah bersekolah, kalau memungkinkan belajar teruslah belajar dan teruslah membina diri/kemampuan dengan semaksimal mungkin, agar dikemudian hari di usia yang lebih tua bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, bagi lingkungan, bagi bangsa, negara, agama dan tanah air kita Indonesia. Kita tentu berharap memberikan yang terbaik bagi bangsa kita, maka lakukanlah segenap upaya untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut,” pesan Bupati Wahid.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati HSU juga menyerahkan masker kepada Ketua Tim Penggerak PKK HSU dan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) HSU untuk dibagikan kepada warga. (Diskominfo/Ikhsan)