BUPATI WAHID APRESIASI PETANI HORTIKULTURA DESA TAYUR

BUPATI WAHID APRESIASI PETANI HORTIKULTURA DESA TAYUR

8th December 2020 0 By admin

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebagian besar adalah daerah rawa. Banyak petani yang melakukan tanam satu kali yaitu pada musim kemarau. Pasalnya saat musim penghujan lahan akan dipenuhi dengan air. 

Meski demikian warga Desa Tayur Kecamatan Amuntai Utara tetap memiliki peluang besar untuk pengembangan hortikultura yang tergabung dalam kelompok tani Sari Mulia.

Ada banyak tanaman yang dibudidayakan disini diantaranya durian, pampakin, kurma , kelingking, melon, labu, semangka, bawang, cabai, petai, kurma, anggur, pisang dan nangka.

Fahrul salah seorang petani mangatakan dirinya berani memilih untuk bertani hortikultura karena potensi tanah sangat mendukung sekali untuk bercocok tanam

Beberapa tanaman memiliki beberapa varietas disini, seperti semangka contohnya mulai dari semangka merah seperti biasa dijual dipasar, semangka madu, semangka kuning dan semangka lundu ada disini.

Melon pun ada melon biasa dan ada pula melon kuning. Beberapa tanaman sudah bisa dipanen diantaranya pada panen kali ini dari 30 kg bibit bawang merah bisa menghasilkan 150 kg bawang merah.

Untuk melon dari 1.200 tanaman bisa menghasilkan 10 ton melon pada panen kali ini, serta semangka merah dan semangka madu sudah mulai bisa dipanen. Untuk tanaman yang lainnya akan terus dikembangkan.

Fahrul berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal ini Dinas Pertanian HSU yang telah banyak memberikan dukungan baik bibit maupun alat-alat pertanian. Sehingga proses bercocok tanam bisa berjalan dengan lancar dan bisa terus kita tingkatkan.

“Kami berharap bisa dikembangkan jadi semacam agrowisata, sehingga kabupaten HSU bisa lebih mantap lagi dengan adanya hortikultura dan agrowisata” ujar Fahrul

Bupati HSU Abdul Wahid HK tertarik untuk melihat langsung panen. Menurut Wahid hal ini sangat tepat sekali terutama di masa pandemi Covid-19 ini kita harus kreatif untuk bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan perekonomian.

Bupati Wahid siap mendukung segala hal yang berkaitan dengan peningkatan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten HSU sehingga lebih produktif, salah satu contohnya pertanian hortikultura ini.

Bupati Wahid juga menghimbau para generasi muda yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk ikut mengupayakan pemanfaatan lahan agar lebih produktif. 

“Selamat untuk kelompok tani Sari Mulia yang pada hari ini sudah panen ke-3 kalinya, lahan seluas 5 hektar sudah digarap dan sudah mulai menghasilkan” ucap Wahid.

(HUMPROHSU)