BUPATI WAHID TERIMA 4200 BIBIT CABE DARI KPH BALANGAN

BUPATI WAHID TERIMA 4200 BIBIT CABE DARI KPH BALANGAN

30th November 2020 0 By admin

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK secara simbolis menerima 4200 bibit cabe yang diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan Heriyadi, di Amuntai, Senin (13/4).

Ribuan bibit cabe ini merupakan sebuah program dari Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam antisipasi inflasi daerah yang disebabkan tidak kontinyunya produksi komoditas cabe di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tahun 2019 telah terjadi 5 kali kemunculan tidak kontinyunya produksi cabe di provinsi Kalimantan Selatan, hal ini menyebabkan terjadinya inflasi dengan langkanya komoditas cabe.

Heriyadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan program yang relah direncanakan pada tahun 2019, karena untuk menghadapi inflasi akibat tidak kontinyunya produksi cabe di Kalimantan Selatan, kegiatan yang digagas oleh Gubernur Kalimantan Selatan dalam menghadapi tidak kontinyunya produksi cabe, terlebih di musim kemarau.

Seperti yang diketahui, cabe merupakan komoditas yang cukup diminati oleh masyarakat, sehingga hilangnya komoditas ini di pasaran membuat inflasi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Bibit cabe yang diterima Bupati HSU selanjutnya akan didistribusikan kepada seluruh ASN di Kabupaten Hulu Sungai Utara. ASN diharapkan menjadi teladan dan pioner dalam menjaga komoditas cabe, sehingga kontinyuitas produksi cabe dapat selalu terjaga.

Bupati Hulu Sungai Utara menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan Dinas Kehutan Provinsi Kalsel atas terlaksananya kegiatan ini, seraya berharap dengan diterimanya bibit cabe ini, nanti seluruh ASN yang menerima dapat menjaga dan melestarikan tanaman cabe di rumah masing- masing demi terjaganya kelangsungan cabe di daerah Hulu Sungai Utara.

Dalam kesempatan itu Plt Kepala KPH Balangan juga menyampaikan pada saat ini telah ditemukam bahan disinfektan yang berasal dari akar kayu yang ada di hutan Kalimantan Selatan, hal ini yang mendorong Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melalui masing-masing KPH membagikan batuan bahan disinfektan ini kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan. (Humpro)