Rayakan HUT ke-47, DPD KNPI HSU Tanam Padi Perdana di Babirik Hulu

Rayakan HUT ke-47, DPD KNPI HSU Tanam Padi Perdana di Babirik Hulu

28th July 2020 0 By admin

AMUNTAI – Pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tahun 2020 berlangsung berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan pada kegiatan HUT KNPI ke-47 Kab.HSU Tahun 2020 ini kegiatan dikemas dengan penanaman padi perdana yang melibatkan unsur pemuda, TNI ,Polri dan masyarakat. Kegiatan tanam padi perdana ini dilaksanakan di Desa Babirik Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (26/7).

Dengan mengangkat tema “Mari Kita Ciptakan Generasi Petani Milenial yang Kreatif, Inovatif dan Progresif ” kegiatan ini berlangsung meriah karena dihadiri langsung Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M., M.Si.,Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc., Kapolres HSU AKBP. Pipit Subiyanto, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM yang juga Ketua DPD KNPI Kab.HSU, Perwakilan KNPI Prov .Kalsel M. Najmuel Muttaqien, S.Sos.I, Wakil Ketua TP.PKK HSU Bunda Hj. Erlian Noor Fauziah, Unsur Forkopimda Kecamatan Babirik, Perkades se-Kecamatan Babirik, unsur kepemudaan HSU dan Masyarakat Desa Babirik Hulu.

Kepala Desa Babirik Hulu Lani dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Babirik Hulu dalam penyelenggaraan kegiatan tanam padi perdana ini, luas lahan yang akan di tanam seluas 75 hektar dan bibit yang akan ditanam prioritas bibit tunggal kelas bibit atau benih sejenis. Dengan harapan melalui kegiatan tanam perdana ini akan memotivasi lagi para petani untuk lebih giat dalam bertani khususnya para pemuda di Desa Babirik Hulu.

Sementara itu Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM yang juga Ketua DPRD HSU menyampaikan rasa terimakasih dan bangga kepada masyarakat Desa Babirik Hulu yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan HUT KNPI ke-47 tahun ini dengan kegiatan tanam padi perdana ini.

KNPI sebagai organisasi central  pembinaan dan juga dapat mempersiapan generasi muda yang handal dan dapat menjadi harapan di masa depan, dengan kegiatan tanam padi perdana ini nantinya akan menjadi media dan moment bagi pemuda HSU khususnya di Kecamatan Babirik untuk bisa berkuntribusi dalam bidang pertanian

“Sumber daya alam yaitu lahan pertanian  yang melimpah merupakan modal dalam meniti masa depan yang cerah” ungkap Almien

Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili M. Najmuel Muttaqien, S.Sos.I, dalam sambutannya menyampaikan bangga dan penghargaan yang tingi kepada KNPI HSU karena telah melaksanakan Kegiatan HUT KNPI ke-47 dengan nuansa yang berbeda.

Pertanian merupakan salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan hal ini dapat dilihat dari potensi pertanian khususnya komoditas pokok seperti beras dan lainya yang menjadi produk unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Sudah saat pemuda untuk turut serta terjun dalam dunia pertanian karena dengan kehadiran pemuda pada bidang pertanian dapat merubah pola pikir selama ini yang selalu melihat pertanian dengan sebelah mata dan edentik dengan pekerjaan orang tua saja” kata Najmuel.

Lanjutnya lagi, hal ini lah yang seharusnya di ubah karena kita tahu bahwa pertanian merupakan sektor vital dan menjadi salah satu kunci dari kemajuan bangsa.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M., M.Si dalam sambutannya menyampaikan penting nya peran pemuda dalam membangun desa ,karena dengan kehadiran paea pemuda ditengah-tengah masyarakat desa dapat menjadi pendorong dan tambahan energi karena dari darah muda terpancar energi positif dalam memajukan desa dan banua yang lebih baik.

Kebiasaan merantau dan mencari pekerjaan di luar desa atau daerah mulai sekarang dapat diubah dengan menetap di desa dan daerah tempat tinggal, terlebih lagi merantau untuk mencari pekerjaan yang belum pasti.

“Bangun lah desa dan daerah tempat tinggal, karena begitu banyak sumber daya yang dapat kita olah dan kelola untuk menatap masa depan yang lebih baik” ujar Wahid

Wilayah HSU yang hampir 89% rawa merupakan salah satu anugerah dari tuhan yang harus disyukuri. Dengan luasnya rawa yang dimiliki maka banyak juga potensi lahan rawa lebak yang dapat kita kelola menjadi lahan pertanian yang produktif. Bbuktinya lahan pertanian yang ada di Kabupaten HSU merupakan lahan pertanian yang subur dan dapat di kelola dengan baik sehingga petani kita dapat menenanam padi dengan baik setiap tahunnya.

“Pertanian merupakan salah satu potensi yang tidak pernah habis selama dikelola dengan baik lain dengan sumber daya alam yang lain seperi pertambangan yang dapat habis jika dieksploitasi secara terus menerus” tambah Wahid

Maka dari itu dengan kegiatan penanaman padi perdana ini nantinya kita harapkan dapat menjadi momentum untuk kebangkitan para pemuda untuk terjun pada bidang pertanian khususnya di daerah HSU, sehingga hasil yang maksimal dapat kita rasakan dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat khususnya para petani.

“Kita boleh sekolah ke luar daerah namun setelah lulus kembali ke desa dan turut membangun desa dengan ilmu yang di dapat” imbuhnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penanaman padi perdana yang di mulai secara simbolis oleh Bupati Hulu Sungai Utara beserta undangan lainnya yang rela turun langsung ke persawahan yang penuh lumpur dan air.

Kegiatan ditutup dengan peninjauan jalan usaha tani yang ada di desa babirik hulu,untuk selanjutnya akan di laksanakan lagi pekerjaannya sehingga dapat mencakupi seluruh lahan persawahan yang ada di desa babirik hulu.

(Humpro/ Tirta/Yusril)