Bupati Wahid Hadiri Haul Abah Guru Sekumpul ke-15

Bupati Wahid Hadiri Haul Abah Guru Sekumpul ke-15

9th March 2020 0 By admin

MARTAPURA – Jutaan orang jemaah dari berbagai kalangan menghadiri haul KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih dikenal dengan Abah Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020 / 1441 Hijriah, berlomba dapatkan berkah dari Allah SWT.

Tidak terkecuali oleh orang nomor 1 Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si. Didampingi Ketua TP.PKK Hulu Sungai Utara Bunda Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dan Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM beserta isteri yang turut serta menghadiri wisata rohani yang diadakan setiap tahun tersebut.

Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020 / 1441 Hijriah dilaksanakan pada Sabtu malam 29 Februari 2020 atau 05 Rajab 1441 Hijriah dan 01 Maret 2020 Minggu malam atau 06 Rajab 1441 Hijriah yang dipusatkan di kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dari kategori wisata kerohanian, haul kali ini digolongkan sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara atau Asean karena dihadiri oleh jutaan jemaah. Bahkan tidak sedikit jema’ah yang rela bermalam di lokasi Haul.

Suasana tambah khidmat saat dua putra Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul memimpin langsung jalannya puncak haul. Kedua putra ulama kharismatik itu adalah Muhammad Amin Al Badali dan Muhammad Hafi Al Badali. Secara bergantian kedua putra Abah Guru Sekumpul bersama KH Sa’duddin Salman memimpin jalannya haul.

Saat pembacaan maulid habsy, dibawakan dua syair yang diketahui adalah syair yang sering dibawakan Abah Guru Sekumpul semasa hidup. Dua syair itu yakni Khobbiri dan Birasulillahi Wal Badawi. Lantunan syair yang merdu dari suara putra Abah Guru Sekumpul menambah semakin larut kekhusukan jamaah.

Usai rangkaian haul, langsung dilanjutkan dengan salat isya berjamaah. Sekitar pukul 21.00 selesai salat Isya, jemaah berangsur membubarkan diri.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK sangat mengapresiasi kegiatan Haul ini. Menurut Wahid selepas Salat Magrib berjamaah di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel seakan jadi lautan doa.

Haul Guru Sekumpul ini bukan hanya terbesar di Indonesia tapi juga merupakan wisata religius terbesar di Asia Tenggara, yang dihadiri jutaan jemaah dan terus berkembang dari tahun ke tahun. Selain jemaah Haul yang mengharapkan keberkahan, hal yang sama diharapakna para relawan dan donatur yang sangat membantu dan berjasa kepada para jemaah Haul yang menghadiri Haul ulama kharismatik tersebut.

Kegiatan ini selain dapat ikut mendoakan alm. Abah Guru Sekumpul juga sebagai moment untuk mendekatkan diri kepada Allah, ungkap Wahid.

(HumproHSU)