Wabup Husairi terima Bantuan Korban Banjir dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel

Wabup Husairi terima Bantuan Korban Banjir dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel

11th February 2020 0 By admin

AMUNTAI – Kedatangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana beserta rombongan disambut hangat oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi Lc, di Posko Gabungan Siaga Bencana Kab. HSU di Siring Itik Amuntai, Selasa (11/2)

Sebagaimana diketahui akibat banjir yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara, tercatat 5.747 buah rumah warga yang terdampak banjir. Hal ini terjadi akibat kiriman air yang datang dari dua sungai besar yaitu Sungai Tabalong dan Sungai Balangan sejak Sabtu (8/2/2020).

Hal inilah yang membuat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel dan rombongan tergerak untuk meninjau langsung sekaligus membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kepala DLH Prov. Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan dirinya sengaja datang kesini untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang sudah diupayakan untuk melakukan pengendalian lingkungan hidup. Menurutnya penyelesaian masalah banjir ini haruslah dari hulu ke hilir, artinya harus sama-sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota.

Oleh karena itu Hanifah pada kesempatan kali ini juga membawa tim lengkap dari Dishut, PUPR dan juga melibatkan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, nantinya akan dilaporkan hasil pemetaan dilapangan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Sesegera mungkin akan kami lakukan pertemuan untuk mengambil langkah-langkah strategis guna penyelesaian masalah banjir ini, meskipun tentu harus melalui tahapan-tahapan, paling tidak kita sudah mempunyai desain dan kita akan segera merealisasikan penyelesaian masalah banjir ini dari hulu hingga hilir” ucap Hanifah

Hanifah juga berharap kerjasama yang kuat antara kabupaten-kabupaten yang khususnya berkaitan erat dalam masalah banjir ini yakni Tabalong, HSU dan Balangan. Ini jadi PR bersama, harus sama-sama diselesaikan dengan komitmen yang kuat dan tentunya fasilitasi dari provinsi tak kalah penting, imbuhnya

.

Adapun Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc mengucapkan berterimakasih atas bantuan yang diterima dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi dalam rangka membantu masalah penangan banjir yang terjadi di HSU.

Wabup Husairi mengakui memang kondisi saat ini di HSU mengalami kebanjiran yang lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk meminimalisir dampak dari musibah banjir ini telah didirikan posko gabungan siaga bencana, evakuasi, penutupan akses jalan yang tergenang air terlalu dalam, penyerahan bantuan bagi korban banjir, pemantauan titik-titik banjir dan juga sosialisasi untuk masyarakat tetap waspada dan berhati-hati selama banjir terjadi.

Kabupaten Hulu Sungai Utara siap mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi, untuk kebaikan masyarakat HSU sehingga tidak terjadi lagi musibah seperti ini dan masyarakat juga bisa bekerja lagi, khususnya masyarakat yang terisolir di daerah terpencil.

“Mulai hari ini sudah dinyatakan banjir di HSU dalam status tanggap darurat”

Adapun bantuan yang diterima mulai dari sembako, pakaian, keperluan anak dan lain sebagainya yang diharapkan bisa meringankan beban korban banjir yang terjadi di HSU.

(HumproHSU)