DPPPA HSU GELAR JAMBORE FORUM ANAK HSU TAHUN 2019

DPPPA HSU GELAR JAMBORE FORUM ANAK HSU TAHUN 2019

18th August 2019 0 By admin

Melalui Jambore Forum Anak Diharapkan dapat Memenuhi Hak Anak dan Perlindungan Anak

AMUNTAI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar Jambore Forum Anak Daerah (FAD) Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2019, Minggu (18/8)

Adapun perwakilan peserta yang hadir pada Jambore Forum Anak Daerah kali ini adalah perwakilan peserta dari 101 desa yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, itu berarti bahwa ada 101 desa yang sudah membentuk forum anak.

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya lomba menghapal hak-hak anak, dan klaster-klaster kabupaten layak anak. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan tentang hak-hak anak sejak dini, diharapkan nantinya anak-anak bisa sharing kepada orang tua dirumah tentang hak-hak anak, apa yang belum ataupun yang sudah terpenuhi oleh orang tua. Selain itu juga digelar pentas seni seperti drum band, menyanyi, Madihin dan Maulid Habsyi.

Kepala DPPPA Hj. Gusti Iskandariah, S.Sos, M.AP dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, dan pada tahun ini pihaknya mencoba mengenalkan forum anak ini kepada masyarakat luas sehingga kegiatan ini dilaksanakan di terbuka yaitu di Pendopo Lapangan Pahlawan Amuntai.

“Pada jambore tahun ini kita mencoba menampung kreativitas anak yang tergabung dalam forum anak Kabupaten Hulu Sungai Utara, kemudian selanjutnya kita salurkan kreativitas mereka dalam kompetisi yang sederhana namun bermakna” ungkap Gusti.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Anak merupakan aset berharga bagi negara sebagai salah satu Sumber Daya Manusia yang sangat penting dalam upaya kita dalam meneruskan cita-cita perjuangan Bangsa dan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang. Oleh karena itu kita harus memperhatikan pendidikan, perlindungan dan tumbuh kembang anak.

“Alhamdulillah Kabupaten Hulu Sungai Utara telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak di tingkat Madya, oleh karenanya kita akan mengupayakan untuk memberikan fasilitas bermain anak yang representatif dan terbuka” ungkap Wahid

Bupati Wahid juga mengingatkan kepada peserta Jambore untuk menjaga hubungan baik terhadap sesama terlebih lagi dengan orang tua dirumah. Dan juga menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif seperti narkoba, perkelahian, dan pergaulan bebas.

Selanjutnya Bupati Wahid menyempatkan diri untuk meninjau Fasilitas Anak yang ada di sekitar Lapangan Pahlawan Amuntai. Bupati meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga dan merawat fasilitas bermain anak yang ada, demi kepentingan dan kenyamanan anak-anak di Hulu Sungai Utara.

(HUMPRO/Ami)
(Foto: HUMPRO/Hendry)