PERINGATAN HARGANAS DI HSU. Wahid : Dengan Semangat Harganas, Kita Tingkatkan Kesejahteranan Keluarga Melalui Generasi Berkualitas

PERINGATAN HARGANAS DI HSU. Wahid : Dengan Semangat Harganas, Kita Tingkatkan Kesejahteranan Keluarga Melalui Generasi Berkualitas

2nd July 2019 0 By admin

AMUNTAI – Keluarga merupakan salah satu pilar penting dalam membangun bangsa. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Bertempat di halaman kantor Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) dilaksanakan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara, Senin (1/7). Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si.

Plt. Kepala BKKBN pusat Sigit Priohutomo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati HSU mengatakan peringatan Harganas mengingatkan kembali ada 8 fungsi keluarga yang harus dijalankan setiap keluarga yaitu, fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya serta fungsi lingkungan.

Melalui 8 fungsi keluarga bila diimplementasikan akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji.

“Dengan semangat dan silaturahmi Harganas akan tercipta masyarakat yang memiliki jiwa kebersamaan, gotong-royong dalam kedamaian terlebih lagi ditengah perubahan kondisi lingkungan yang cepat” ujar Sigit.

Sigit juga menyampaikan keberhasilan program KKBPK secara kuantitas maupun kualitas cukup menggembirakan. Rata-rata jumlah anak setiap wanita usia subur 2-3 orang anak. Penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak yang menyukai metode jangka panjang.

Selain itu upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga terus berkembang di masyarakat. Keberhasilan tersebut tentu berkat komitmen yang kuat para pemangku kepentingan dengan para mitra kerja BKKBN.

Akhirnya diharapkan makna peringatan Harganas bisa lebih dirasakan oleh setiap keluarga di masyarakat sebagai momentum dan pemacu untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar mendapat generasi yang berkualitas.

Selanjutnya dilaksanakan pemukulan gong sebagai tanda Pencanangan Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2019 oleh Bupati HSU, disaksikan oleh Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah serta jajaran ASN Pemkab HSU. (HUMPRO/AMI)