BUPATI WAHID BERBAGI PENGALAMAN SANITASI HULU SUNGAI UTARA

BUPATI WAHID BERBAGI PENGALAMAN SANITASI HULU SUNGAI UTARA

27th July 2019 0 By admin

JAKARTA – Kamis (25/07), Ruang Meeting Downing 10, Hotel Ashley, Jakarta. Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si diundang menjadi narasumber di acara talkshow berbagi pengalaman dari daerah tentang program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) yang di yang didukung secara langsung oleh Urban Sanitation Development Program (USDP).

Talkshow dihadiri oleh pendamping program PPSP dari USDP Mr. Careil De Groot dari kedutaan Belanda. Careil menyampaikan bahwa program USDP ini akan berakhir dan dengan adanya program ini nanti akan mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia melalui perbaikan kualitas hidup dengan sanitasi yang layak dan bersih.

Sanitasi merupakan faktor penting yang harus diperhatikan karena lebih dari 1.500 orang meninggal diseluruh dunia setiap tahunnya karena sanitasi. Hal ini melebihi korban dari narkoba dan terorisme di seluruh dunia.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM,M.Si yang diberi kesempatan untuk menjadi narasumber pada talkshow tersebut memaparkan tentang kebijakan dan program dari Perintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam menghadapi dan mengelola masalah persampahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih yang menargetkan Hulu Sungai Utara bebas sampah pada tahun 2025, adalah sebuah program kegiatan yang sudah menjadi aksi dalam menghadapi masalah persampahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dengan membangun kerjasama bersama stakeholders dalam pengelolaan persampahan menyeluruh dan berkelanjutan, Kabupaten Hulu Sungai Utara memelalui berbagai kaloborasi gerakan yang melibatkan semua komponen yang ada dimulai dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan gerakan ini juga didukung oleh lembaga dan organisasi masyarakat, wanita, pemuda dan sosial masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam mendukung kegiatan ini Bupati Hulu Sungai Utara menerbitkan berbagai Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara yang berkaitan dengan pengelolaan persampahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai regulasi dari Gerakan HSU Barasih Ini.

Berbagai sosialisasi dan penyuluhan telah disampaikan kepada masyarakat dan lembaga serta organisasi sebagai upaya untuk pencapaian target Hulu Sungai Utara Barasih Tahun 2025.

Selain itu dalam upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap sampah yang ada dilingkungannya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Perumahan Pemukimam dan Lingkungan Hidup Kab. HSU telah menghidupkan dan menciptakan Bank Sampah di Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai upaya menciptakan Sampah sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai kerjasama yang dijalin dengan dunia perbankan dalam usaha permodalan dari bank-bank sampah juga dilaksanakan, sehingga berimbas dengan kuatnya lembaga bank sampah tersebut dan menjadi daya tarik masyarakat untuk lebih peduli dengan sampah yang dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

(HUMPRO/Tirta)
(Foto: HUMPRO/Hendry)