Ayaman Purun Pukau Pameran Expo Nusantara ke-7 Tahun 2019

Ayaman Purun Pukau Pameran Expo Nusantara ke-7 Tahun 2019

21st April 2019 0 By admin

JAKARTA – Dalam rangka HUT Tamam Mini Indonesia Indah yang ke-44 ,diselenggarakan Pameran  Expo Nusantara yang ke-7 tahun 2019. Bertempat di Sasana Kriya TMII Jakarta, kegiatan ini diikuti 157 peserta terdiri dari dari 34 peserta dari Provinsi /Kabupaten dari seluruh Indonesia dan 50 museum serta 8 dari Pemprov dan UKM.

                Pameran Expo Nusantara  yang diselenggarakan dari tanggal 19 sampai dengan 21 April 2019 ini bertujuan untuk menunjukan bahwa Taman Mini Indonesia Indah Sebagai mitra daerah dalam mempromosikan berbagai produk unggulan dan Budaya.

                Sebagai wujud penghargaan Taman Mini Indonesia Indah terhadap peserta pameran, nantinya juga akan ada penilaian baik dari segi produk yang ditampilkan maupun exspo. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pameran bersama museum seluruh Indonesia dan Festival Kuliner dari seluruh Indonesia.

                Direktur TMII Drs. Tanribali Lamo, SH yang membuka HUT TMII ke-44 dan Pameran Expo Nusantara ke-7 Tahun 2019 menyampaikan kegiatan ini adalah kegaiatan pertama dalam rangkaian HUT TMII ke 44 dengan mengambil tema “TMII merupakan rumah budaya bangsa sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika“.

                Tema ini sengaja diambil dalam rangka menghadapi tahun politik dan TMII berupaya menguatkan Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, dengan harapan melalui kegiatan ini Pemerintah Daerah bisa memanfaatkan sebagai media mempromosikan produk-produk unggalannya dan TMII sebagai Pintu Depan Dari Kegiatan Budaya dari tiap tiap Provinsi.

“Dengan kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa expo ini memberikan suasana baru di Taman Mini Indonesia Indah.” ujarnya

                Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi bersama Dewan Kerajian Nasional Kab HSU menampilkan produk-produk unggulan daerah antara lain berbagai produk anyaman purun, eceng gondok dan pandan serta jajanan khas daerah HSU.

                Mendapat apresiasi dan diminati oleh pengunjung Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara Bunda Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid ,M.AP yang didampingi Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik, S.Sos, MM dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab HSU Ibu Dra. Hj. Raudhatul Munawarah, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada TMII yang memberikan kesempatan kepada Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk mengikuti Kegiatan Pameran Exspo Nusantara kali ini.

“Stan Pameran Kab. HSU kali ini  menyuguhkan kerajinan anyaman purun, enceng gondok, sebagai bukti produk unggulan Kabupaten,  yang kondisi geografisnya 90% rawa” ungkap Anisah

Selain itu Anisah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perindustrian ,perdagangan dan Koperasi HSU serta Dekranasda HSU yang membina pengrajin dan UKM di Kabupaten HSU sehingga dapat menampikan Kerajin dan produk yang berkualitas dengan mutu yang bagus sehingga mampu bersaing dangan produk dari daerah lain.

“Dengan harapan memalui kegiatan ini menjadi media untuk mempromosikan di kancah Nasional Maupun Internasional, sehingga  nantinya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pengrajin” tambahnya (HUMPRO/Tirta)