Pj. Ketua TP.PKK Prov. Kalsel Kunjungi Sentra Kerajinan UP2K Banyu Hirang

Pj. Ketua TP.PKK Prov. Kalsel Kunjungi Sentra Kerajinan UP2K Banyu Hirang

1st July 2021 0 By admin

AMUNTAI – Pejabat (Pj) Ketua TP.PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Nana Safriati Safrizal mengunjungi Sentra Kerajinan UP2K Desa Banyu Hirang, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis (10/6)

Dalam kunjungannya Nana Safrizal didampingi Ketua TP.PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP diajak untuk melihat langsung berbagai produk kerajinan HSU sekaligus melihat proses pembuatan kerajinan yang ada di sentra kerajinan UP2K Banyu Hirang tersebut.

Pj. Ketua TP.PKK Prov. Kalsel Nana Safriati Safrizal mengapresiasi kreativitas warga HSU di Desa Banyu Hirang yang sukses mengolah berbagai macam produk kerajinan dan makanan olahan berbahan dasar alami.

“Semuanya barang kerajinan maupun makanan olahan disini berbahan dasar alami, ini memiliki daya tarik tersendiri dan patut didukung karena masyarakat mampu memanfaatkan hasil alam untuk dijadikan barang bernilai ekonomi tinggi” ujarnya

Nana meminta kepada TP.PKK dan Dekranasda HSU untuk mendorong para pengrajin ini agar bisa meningkatkan produktivitasnya misalkan dilakukannya pelatihan rutin dan juga membantu pemasaran produk-produk masyarakat disini memalui media elektronik seperti website ataupun pada saat ada event khusus seperti pameran Dekranasda dan lain sebagainya.

Ketua UP2K Banyu Hirang Supian Noor menginformasikan saat ini masyarakat HSU di Desa Banyu Hirang sudah bisa mengolah barang kerajinan berbahan dasar ilung atau eceng gondok dan purun, selain itu warga Desa Banyu Hirang juga mulai mengembangkan sejumlah produk industri rumah tangga.

Adapun untuk produk olahan pangan yang dihasilkan berhan daging ikan seperti kerupuk kribu, otak-otak ikan, brownis ikan dan nugget ikan. Semua produk dikemas semenarik mungkin dan higienis guna dan telah dipasarkan tidak hanya di HSU tapi sudah sampai ke luar daerah bahkan ada yang ke luar negeri.

“Penyuluhan dan pembinaan di Desa Banyu Hirang dilaksanakan oleh Dekranasda HSU untuk memperkuat jaringan industri kecil menengah, apalagi sejak Desa Banyu Hirang terpilih mewakili Kalsel pada lomba UP2K tingkat Nasional” tambahnya

Dikatakan, pemerintah daerah berupaya membantu memfasilitasi agar kemudahan memiliki sertifikat produk dapat dimiliki bagi setiap pelaku IKM di Kabupaten HSU.

Ketua Dekranasda HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid berencana menambah usaha kerajinan kain sasirangan berbahan pewarna alami di Desa Banyu Hirang karena melihat potensinya yang cukup bagus.

HumproHSU