Wakil Bupati HSU Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2021

Wakil Bupati HSU Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2021

7th May 2021 0 By admin

Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi didampingi Kapolres HSU  AKBP Afri Darmawan dan Dandim 1001/ Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mengecek kesiapan petugas Operasi Ketupat Intan 2021 di halaman Mapolres HSU, Rabu (5/5).

Operasi Ketupat Intan 2021 dimulai dengan gelar pasukan yang dipimpin Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, melibatkan seluruh personil Polres HSU bersama TNI dan organisasi masyarakat, pemuda, serta organisasi sosial di Kabupaten Hulu Sungai Utara, termasuk instansi pemerintahan, seperti Satpol PP dan Dishub.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Afri Darmawan yang membacakan amanat Kapolri mengatakan bahwa Operasi Ketupat Tahun 2021 di massa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan operasi.

“Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya,” kata Kapolres HSU.

Berkaitan dengan Operasi Ketupat tahun 2020, Kepolisian secara serentak memulai operasi dari tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 atau selama 37 hari pelaksanaan

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Operasi Ketupat tahun ini fokus pada pelarangan masyarakat yang hendak mudik lebaran, selain itu, Polri juga menjamin keamanan masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

“Tujuan dari pada Operasi Ketupat tersebut adalah yang pertama melarang masyarakat untuk mudik guna mencegah penyebaran Covid-19 dan yang kedua terjamin rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta terhindar dari wabah Covid-19 yang ketiga adalah terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif pada saat dan sesudah lebaran,” jelasnya.

Pada pelarangan mudik secara masif dilakukan himbauan oleh personel Polres HSU dan Polsek jajaran serta fokus melakukan penyekatan di beberapa titik yang menjadi pintu masuk / keluar Kabupaten HSU.

Disamping itu dari Satgas Prefentif senantiasa melakukan edukasi dan himbauan tentang memutus mata rantai Covid-19 serta melarang mudik sesuai himbauan Pemerintah

(HumproHSU)