Pj. GUBERNUR KALSEL BERIKAN SEMANGAT PEMBANGUNAN PADA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN HSU KE-69

Pj. GUBERNUR KALSEL BERIKAN SEMANGAT PEMBANGUNAN PADA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN HSU KE-69

1st May 2021 0 By admin

AMUNTAI – Puncak Hari Jadi ke-69 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Sabtu 1 Mei 2021, digelar sederhana dan terbatas di Mess Negara Dipa. Acara dihadiri langsung Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA.

Melalui live streaming Peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara ke-69 dihadiri sebagian pejabat SKPD dan Forkopimda tanpa keramaian di tengah pandemi Covid-19. Tarian penyambutan kedatangan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA pun disuguhkan melalui rekaman video.

Atas nama jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Pj. Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA dalam sambutannya mengucapkan Selamat memperingati Hari Jadi ke-69 Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dikatakan, usia 69 adalah masa potensial untuk berbuat lebih baik untuk masyarakat. Karena tidak ada istilah tua dalam berbuat untuk pembangunan.

“Maju mandiri adalah semangat kami, sejahtera adalah tujuan kami, agamis adalah ciri kami, produktif adalah cara kerja kami, paduan kata simbol semangat dan visi ke depan,” ucap Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA.

Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA mengatakan,tantangan terbesar dimasa pandemi Covid-19 adalah kesehatan dan ekonomi.

“Diperlukannya kerjasama dari berbagai kalangan dalam memulihkan kesehatan dan menggerakkan ekonomi,” katanya.

Selanjutnya, dengan kesehatan yang baik, pekerjaan tidak akan mengalami keterlambatan, otomatis membangkitkan ekonomi.

Selain itu Safrizal juga mengatakan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki potensi besar di pertanian dan perikanan.

Kondisi ini merupakan peluang besar bagi kabupaten yang berusia 69 tahun ini, Jika bisa dioptimalkan Kabupaten HSU akan menjadi daerah strategis dengan berpindahnya ibu kota negara di Kalimantan Timur.

Karenanya, Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyarankan Pemkab HSU lebih memaksimalkan peningkatan sektor pertanian dan perikanan untuk mengangkat perekonomian daerah setempat.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengatakan, kendati digelar sederhana, peringatan Harjad HSU tetap dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan penghargaan yang tinggi kepada para pelopor/pejuang pembentukan Kabupaten.

Terkait situasi pandemi Covid-19 di Hulu Sungai Utara Bupati Wahid mengatakan berbagai langkah strategis telah dilakukan Kabupaten HSU. Yang mana dimasa pandemi Covid-19 merupakan tahun-tahun yang penuh tantangan bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program pembangunan.

Hal ini yang berimbas pada pemotongan anggaran, relokasi atau refocusing APBD sebagai bentuk dukungan terhadap penanganan pendemi Covid-19.

Meski dalam situasi pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah tetap melaksanakan program-program pembanguan secara maksimal sebagaiman yang tertuang pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2017 – 2022.

“Diperlukannya kerja keras, pikiran, daya dan upaya yang maksimal,” ucapnya.

Lanjutnya, menjalin kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak dalam rangka mencegah dan melindungi warga agar tidak terpapar Covid-19. Diantaranya melakukan sosialisasi tentang bahaya pandemi Covid-19, membuat Perda tentang pedoman protokol kesehatan, melakukan operasi disiplin protokol kesehatan dan mengadakan sarana dan prasarana terkait penanganan Covid-19 di HSU.

“Semoga pada peringatan hari jadi kali ini, ditengah- tengah keprihatinan yang mendalam (pandemi Covid-19) seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat HSU semakin kompak, bersatu dan berkerjasama dalam membangun HSU MANTAP.” harapnya.

Acara dirangkai dengan penandatanganan prasasti sejumlah proyek yakni proyek rekonstruksi penahan banjir Desa Kotaraja Kecamatan Amuntai Selatan, proyek peningkatan jalan Danau Panggang Banirik, proyek peningkatan jalan pasar Sabtu Danau Panggang, dan proyek peningkatan Jalan Palampitan Hilir – Alabio, serta pencanangan pembangunan RSUD Pambalah Batung Amuntai di Muara Tapus.

Kegiatan HUT HSU ke-69 diselelanggarakan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat tidak lebih 20 orang/undangan, diantaranya hadir Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi, Ketua DPRD HSU Almien Anshar Safari, Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, dan Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK MH, dan Ketua MUI HSU KH Said Masrawan.

(HumproHSU)