Mudahkan Pelayanan Melalui Aplikasi Simpatda BPPRD Kabupaten HSU

Mudahkan Pelayanan Melalui Aplikasi Simpatda BPPRD Kabupaten HSU

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (DPPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, telah melaunching Aplikasi Simpatda, yaitu Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah.

Kepala BPPRD Kabupaten HSU, Galuh Bungsu Sumarni, mengatakan. sebenarnya aplikasi ini sudah dijalankan sejak Juni 2020. Namun dilakukan penyempurnaan hingga akhirnya saat ini bisa dilakukan launching.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol pemasukan pendapatan serta outputnya.

“Aplikasi ini membantu mengolah informasi dasar pendapatan daerah, sehingga bisa melihat capaian secara lebih update” ujarnya.

Berbagai keunggulan dari adanya aplikasi ini, selain menyajikan data secara realtime dengan jumlah realisasi perbulan, juga lebih mudah menghasilkan output data daerah dengan lebih cepat. Serta, meminimalkan terjadinya kesalahan data karena memiliki modul bersifat khusus.

Karena wajib pajak yang melakukan pembayaran, baik retribusi dan pajak beragam dari apisan masyarkaat, BPPRD Kabupaten HSU telah melakukan sosialisasi kepada masyarakt dengan adanya aplikasi ini.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena dengan adanya aplikasi ini wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran secara online,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada beberapa wajib pajak yang selalu melakukan pembayaran baik retribusi maupun pajak dengan tertib dan tepat waktu.

Terpisah, Bupati HSU Abdul Wahid, mengatakan, dengan adanya aplikasi ini informasi yang didapat lebih cepat dan akurat sehingga juga mampu mendukung dalam pengambilan kebijakan dan pendapatan dan belanja daerah.