Jadi Pembina Apel Siaga, Bupati Wahid Ingatkan Mulianya Sebagai Satgas Penaggulangan Bencana

Jadi Pembina Apel Siaga, Bupati Wahid Ingatkan Mulianya Sebagai Satgas Penaggulangan Bencana

23rd January 2020 0 By admin

AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar apel siaga penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Lapangan Pahlawan Amuntai, Kamis (23/1)

Apel siaga ini diikuti oleh jajaran TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, KNPI, BPBD, para relawan, para pelajar dan mahasiswa. Bertindak sebagai komandan upacara Mahmud Dahli dari Kodim 1001 Amuntai, sementara bertindak sebagai pembina apel Bupati HSU H. Abdul Wahid HK.

Apel siaga ini digelar dalam rangka melihat kesiapsiagaan satgas penanggulangan bencana Kabupaten HSU guna menghadapi kemungkinan bencana yang biasa terjadi di wilayah HSU seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Dalam arahannya Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada peserta apel siaga yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, KNPI, Sat Pol PP, Pelajar dan Mahasiswa, Tagana serta para relawan lainnya.

Bupati mengingatkan bahwa sebagai satgas penanggulangan bencana adalah tugas mulia, karena tugas ini memberikan pertolongan dan bantuan bagi masyarakat, khususnya yang tertimpa musibah baik sebelum bencana, saat terjadi bencana ataupun pasca bencana.

“Diminta kewaspadaan dan kesiapsiagaan satgas penanggulangan bencana dan juga kepada masyarakat terhadap bencana yang bisa saja terjadi kapan saja, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim penghujan” jelas Wahid.

Dalam acara itu, Wahid juga berharap melalui apel siaga dapat meningkatkan kesadaran satgas penanggulangan bencana dan masyarakat terhadap pentingnya kewaspadaan dini terhadap bencana, guna menghindari terjadinya korban jiwa dan meminimalisir dampak dari bencana tersebut.

Dalam apel siaga ini, Bupati Wahid memasang rompi dan penyamatan alat keselamatan secara simbolis kepada perwakilan peserta apel siaga.

(HumproHSU)