Wabup Husairi Buka Pelatihan Penanggulangan Bencana di HSU

Wabup Husairi Buka Pelatihan Penanggulangan Bencana di HSU

12th November 2019 0 By admin

AMUNTAI – BPBD Hulu Sungai Utara menggelar pelatihan penanggulangan bencana bagi pemuda, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan relawan. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Golf Air Tawar, Desa Air Tawar, Kec. Amuntai Utara, Kab. Hulu Sungai Utara Kalimatan Selatan, Selasa (12/11)

Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc. yang hadir dan membuka kegiatan pelatihan penanggulan bencana tahun 2019 ini. Dalam sambutannya Husairi menyampaikan syukur dapat berkesempatan hadir dan bertatap muka langsung dengan para peserta, pelatih dan penyelenggara pelatihan penanggulan bencana.

Selain itu Wabup Husairi juga berharap melalui kegiatan pelatihan semacam ini nantinya akan mencetak kader-kader relawan dan pemuda-pemuda yang siap menghadapi dan mengantisipasi bencana baik di lingkungan tempatnya tinggal maupun lebih luas lagi. Seperti yang diketahui Kabupaten Hulu Sungai Utara mempunyai kerawanan terhadap beberapa bencana, hal ini bahkan rutin dirasakan setiap tahunnya meskipun dampaknya belum sampai ketahap darurat namun hal ini juga perlu menjadi perhatian kita bersama. Bencana yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara biasa terjadi apabila pada musim kemarau dan penghujan dimana dikala musim kemarau bencana kabut asap cukup mengganggu dan berdampak pada kesehatan, kemudian dikala musik penghujan bahaya bencana banjir, longsor dan puting beliung juga dirasakan oleh masyarakat kita.

Beranjak dari pengalaman yang telah kita rasakan, saat ini perlu adanya usaha-usaha antisipasi dan kepedulian serta kewaspadaan kita terhadap bencana mengancam wilayah kita. Usaha tersebut dapat kita mulai dari membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal, kerja dan lainnya, kemudian peduli terhadap tanda-tanda yang diisyaratkan oleh alam kepada kita, semisal dilingkungan kita pada saat kemarau retakan-retakan pada struktur tanah di lingkungan kita mulai terlihat hal ini merupakan bahaya yang harus kita waspadai terlebih pada lingkungan pinggiran sungai karena pada saat musim penghujan tiba, hujan akan turun dalam insensitas tinggi, hal ini nantinya akan membuat debit air di sungai meningkat dan mengikis struktur tanah tadi sehingga bencana longsor akan terjadi.

Pada pelatihan penanggulan bencana tahun 2019 ini diikuti sebanyak 300 peserta yang di bagi dalam 3 angkatan, dimana setiap angkatan diikuti 100 peserta dan melaksanakan pelatihan selama 4 hari.

Hadir dalam pembukaan pelatihan penanggulangan bencana tahun 2019 ini Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM , Waka Polres HSU, Perwakillan Dandim 1001/AMT-BLG, dan undangan lainnya.

(HUMPRO/Tirta)