Dikenal Agamis, Bupati Wahid Selalu Luangkan Waktu Hadiri Kegiatan Agama

Dikenal Agamis, Bupati Wahid Selalu Luangkan Waktu Hadiri Kegiatan Agama

10th October 2019 0 By admin

AMUNTAI – Ditengah kesibukan sebagai Kepala Daerah, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si tetap tidak mau ketinggalan mengikuti kegiatan keagaaman. Salah satunya dalam rangka Peringatan Haul Syekh H. Sa’duddin bin H. As’ad (Datu Taniran) ke-159 dan KH. M. Syarwani bin H. Muhammad Abdan (Datu Bangil) ke-31, yang mana juga sekaligus memperingati Haul Hj. Hamidah binti H. Saderah ke-10 dan H. M. Taufik dan H. Saderah ke-4, Rabu (9/10) bertempat di Kediaman H. Asruji, Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah, HSU.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Surat Yasin, kemudian Syair Maulid Al-Habsyi, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Dilanjutkan ceramah agama yang disampaikan oleh ulama kondang dari Samarinda KH. Muhammad Zhofaruddin. Setelah itu tahlilan dan ditutup dengan do’a bersama.

Dalam ceramahnya ulama yang akrab disapa dengan sebutan Guru Udin Samarinda tersebut menyampaikan tentang keutamaan dan maksud tujuan dari acara Haul sendiri. Kegiatan utama pada peringatan haul adalah mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Apalagi Haul yang kita lakukan untuk orang tua kita sendiri, sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa salah satu amalan yang pahalanya tidak putus bahkan saat kita sudah mati adalah do’a dari anak yang sholeh.

Lanjut Guru Udin lagi, dalam acara ini juga diperingati Haul Datu Taniran dan Datu Bangil yang mana sudah tidak asing lagi kemasyahurannya sebagai tokoh penyebar agama Islam.

Menurut Guru Udin kita sebagai orang yang awam hendaknya saat berdoa juga menyertakan doa kepada orang-orang yang dekat dengan Allah SWT, seperti Rasulullah SAW, para Habib, para wali dan ulama yang tentunya sudah memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Allah SWT. Ini akan menjadi penyebab doa kita akan lebih cepat sampai dan terkabul melalui orang yang dekat dengan Sang Pencipta yang mengatur alam semesta ini Allah SWT.

“Kita berkumpul disini, bordo’a bersama, menuntut ilmu bersama dan bershalawat bersama. Mengharap ridho Allah SWT dan memuja junjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Semoga yang kita harapkan segera terkabul dan kita menjadi umat yang dirahmati oleh Allah SWT” ucap Guru Udin dalam doa sembari menutup ceramah.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si bersyukur bisa langsung mendengarkan ceramah agama sekaligus bertatap muka dengan Guru Udin Samarinda. Kebetulan sekali pada momentum tersebut juga bertepatan hari ulang tahun Guru Udin

Bupati Wahid mendoakan semoga Guru Udin panjang umur, murah rejeki, dikabulkan hajat, diberikan kesehatan lahir dan bathin untuk terus mengumandangkan syiar Islam tidak hanya di Samarinda tapi seluruh pelosok Banua yang kita cintai ini.

(HUMPRO/Ami)
(Foto: HUMPRO/Yusril)