BUPATI WAHID INGATKAN PENTINGNYA SANITASI UNTUK KEHIDUPAN

BUPATI WAHID INGATKAN PENTINGNYA SANITASI UNTUK KEHIDUPAN

15th August 2019 0 By admin

SUNGAI TABUKAN – Kamis (15/8). Ribuan peserta mengikuti Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara (HSU) di Halaman Kantor Kecamatan Sungai Tabukan

Adapun peserta yang hadir terdiri dari para kepala desa se-Kecamatan Sungai Tabukan, aparat desa dan kecamatan, tokoh masyarakat dan pelajar se-Kecamatan Sungai Tabukan

Kegiatan Germas yang diselenggarakan dimulai dengan senam sehat bersama, dilanjutkan karnaval Forum Anak se-Kecamatan Sungai Tabukan dalam Rangka HUT RI ke-74 Tahun, pemeriksaan kesehatan dan pengundian hadiah bagi seluruh peserta.

Camat Sungai Tabukan Sahbuddin Noor, S.Ikom, S.IP dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan seluruh komponen Kecamatan Sungai Tabukan, mulai dari camat sampai dengan aparat desa se-Kecamatan Sungai Tabukan.

“Kegiatan Germas ini antara lain senam bersama, karnaval dan pelayanan pemeriksaan kesehatan. Adapun hadiah yang nantinya akan diundi berasal dari sumbangan Bupati Hulu Sungai Utara, Ketua KNPI HSU dan donatur lainnya. Peserta terdiri dari tokoh masyarakat, kepala desa, aparat desa, kader posyandu, TP.PKK desa dan pelajar se-Kecamatan Sungai Tabukan” ujar Camat Sahbudinnoor

Selanjutnya Camat Sungai Tabukan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga terselenggaranya kegiatan Germas di Kecamatan Sungai Tabukan kali ini.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Waid HK,MM,M.Si yang hadir dalam kegiatan, menyampaikan rasa bangga dan syukur sehingga terlaksananya kegiatan Germas kali ini, dengan harapan melalui kegiatan ini nantinya akan menjadi pendorong dan inspirasi bagi masyarakat di Hulu Sungai Utara khususnya di kecamatan Sungai Tabuka.

Kemudian Bupati HSU juga berpesan agar mulai saat ini tidak ada lagi masyarakat yang ‘buang air’ di sembarang tempat atau di aliran sungai karena seperti yang dikketahui sanitasi yang buruk merupakan salah satu penyebab kematian bagi ummat manusia.

“menurut penelitian penyebab kematian selain korban perang adalah akibat sanitasi yang buruk karena dengan sanitasi yang buruk berbagai penyakit dan bahaya menjadi ancaman yang menankutkan bagi manusia” ungkap Wahid.

Kepada masyarakat yang hadir khususnya anak pelajar, Bupati Wahid juga menitip pesan agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dimulai dengan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.

Hadir juga dalam kegiatan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. HSU dr. H. Agus Fidliansyah, Camat Sungain Tabukan, perwakilan kepemudaan HSU, KNPI HSU, Unsur Muspika Kecamatan Sungai Tabukan, tokoh masyarakat, dan ribuan pelajar se-Kecamatan Sungai Tabukan.

Kemudian ada hal yang menarik dalam kegiatan tersebut salah satu siswa SDN Galagah Hulu, Arbani beruntung mendapatkan hadiah utama sebuah sepeda gunung yang diundi langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M,M.Si,

Arbani dengan rasa haru sambil menahan tetes air mata menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara, tak terasa beberapa ibu-ibu juga tampak menahan haru karena diketahui Arbani adalah anak yang cukup berprestasi meskipun hidup dengan kekurangan, Bupati HSU berharap dengan sepeda tersebut Arbani dapat menimba ilmu dan mencapai cita-citanya, sehingga menjadi anak yang berbakti dan kebanggaan orang tuanya.

(HUMPRO/Tirta)
(Foto : HUMPRO/Yusril)