Unik, Stand Pemeran Dekranasda HSU Hadirkan Langsung Penenun Kain Sarigading

Unik, Stand Pemeran Dekranasda HSU Hadirkan Langsung Penenun Kain Sarigading

6th July 2019 0 By admin

BANJARBARU – Pameran dan Gelar Dagang adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan program pemberdayaan ekonomi keluarga dengan menampilkan hasil produk UKM khususnya kelompok UPPKS dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Tingkat Nasional, Provinsi Kalimantan tahun 2019, diselenggarakan pembukaan Pameran dan Gelar Dagang yang digelar di komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/7).

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S.Sos, M.H dalam sambutannya mengaku bangga tahun ini Kalimantan Selatan bisa menjadi tuan rumah pada peringatan Harganas XXVI. Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini juga mempromosikan berbagai produk unggulan dari Kalsel, seperti batu permata, kain sasirangan, berbagai kuliner, produk olahan dan kerajinan tangan, serta berbagai destinasi wisata.

Pemotongan pita menjadi prosesi acara pembukaan Pameran dan Gelar Dagang Nasional yang dilaksanakan secara langsung oleh Ketua TP PKK Pusat, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Dalam arahannya Erni mengatakan Pameran dan Gelar Dagang ini selain memeriahkan Hari Keluarga Nasional juga memiliki misi tersendiri yaitu membangkitkan semangat usaha bagi kelompok-kelompok Usaha Ekonomi Mikro binaan BKKBN, khususnya Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dengan harapan dapat berinteraksi dengan kelompok usaha mikro lainya.

“Melalui Pameran dan Gelar Dagang ini, dapat dipertemukannya dua unsur manajemen, yakni manajemen pembangunan dan manajemen pemerintahan, karena pada hakekatnya Pembangunan Keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus merupakan kunci terhadap manajemen pemerintahan, jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi diantara keduanya”, terang dr. Erni. 

Tak ingin ketinggalan, stand pameran Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) juga ikut menampilkan berbagai produk unggulannya, bahkan tidak hanya itu, kali ini stand pameran HSU juga menghadirkan penenun kain sarigading, yang mana kain tersebut merupakan kain khas HSU.

Ketua TP.PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dalam wawancaranya mengatakan bahwa untuk stand dari HSU ini sengaja ingin memberikan kesan tersendiri di mata para pengunjung,selain memajang hasil produksi kerajinan seperti tas yang terbuat dari lupu, eceng gondok, purun dan sebagainya,serta berbagai macam kuliner serta olahan pangan lokal, juga menampilkan penenun kain sarigading asli.

“Kabupaten HSU tetap memegang teguh adat istiadat serta melestarikan kebudayaan serta kearifan lokal dan pengunjung langsung melihat proses penenunan” kata Anisah

Pameran dan Gelar Dagang ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari penuh, yang dimulai hari Kamis 4 Juli sampai dengan Sabtu 6 Juli 2019.

(Diskominfo/Humas/Ami)
(Foto : Humas/Yusril)