Lestarikan Budaya Daerah, Wabup Husairi Ikuti Permainan Daerah Balogo

Lestarikan Budaya Daerah, Wabup Husairi Ikuti Permainan Daerah Balogo

6th July 2019 0 By admin

BANJARMASIN – Tentu mengasikan bisa merasakan kembali sensasi memainkan permainan dimasa kecil. Terlebih lagi dengan perkembangan media elektronik saat ini seperti game online, membuat eksistensi permainan tradisional mulai memudar.

Bertempat di Siring 0 km Banjarmasin, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc bersama dengan pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan dari Pemerintah Kota Banjarmasin mengikuti permainan Balogo, Jum’at (5/7)

Husairi merasa sangat senang sekali karena bisa kembali memainkan permainan waktu dirinya kecil,dan juga ini menjadi kenangan masa lalu dirinya.

Husairi berharap dengan kegiatan ini kita melestarikan kebudayaan lokal terutama permainan tradisional seperti balogo ini agar hilang ditelan oleh zaman. Kita lestarikan budaya agar generasi sekarang juga mengetahui dan bisa mencintai permainan ini.

“Balogo merupakan permainan tradisional yang dimainkan dengan cara menjatuhkan logo yang terbuat dari tempurung kelapa, kemudian logo disusun berbaris dan pemain harus menjatuhkan logo dari jarak jauh menggunakan alat yang bernama penapak” ujar Husairi.

Pada Festival budaya Banjar dan pariwisata selain permainan Balogo, juga disajikan permainan Bagasing dan kesenian Musik Panting khas dari Kalimantan Selatan.

(Diskominfo/Humas/Ami)