Pemkab HSU Gelar Rakor Pemilu Serentak 2019

Pemkab HSU Gelar Rakor Pemilu Serentak 2019

2nd April 2019 0 By admin

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si memimpin Rapat Koordinasi Pemilu Serentak Legeslatif, DPD, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 Kabupaten Hulu Sungai Utara, Senin (1/4)

Rapat yang digelar di Mess Negara Dipa Amuntai ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik, S.Sos, MM, Kapolres HSU, Dandim 1001/Amt-Blg, Kepala Pengadilan Negeri HSU, Kepala Pengadilan Agama Amuntai, ketua KPUD HSU dan ketua Bawaslu HSU.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah dan seluruh jajaran, Forkopimda maupun instansi vertikal lainnya telah berkomitmen agar pemilu di Kabupaten Hulu Sungai Utara berjalan aman damai dan sejuk

“Pemerintah daerah terlibat dalam segala sektor dan kita mendukung penuh pemilu di daerah kita berjalan dengan lancar. Kita akan memberikan dukungan kepada KPUD sebagai penyelenggara Pemilu 2019 dan Bawaslu sebagai pengawas” ujar Wahid

Dalam segi pelaksanaan Ketua KPUD Rina Mei Saputri dalam laporannya sudah menyiapkan segalanya baik lokasi TPS, anggota KPPS lengkap dengan pengamanannya, dengan menjalin kerjasama baik dengan Polri, TNI dan juga linmas. Untuk logistik yang kami telah diupayakan agar tidak ada kekurangan baik itu surat suara ataupun kotak suara, dan logistik akan didistribusikan dari tanggal 12-15 April 2019.

“Pada bulan April ini kami rencana mengadakan lomba seni kreasi untuk pemilih pemula pada tanggal 4 April, juga konser musik untuk sosialisasi pada tanggal 6 April, dan tanggal 7 April Pemilu Run, ” ujar Rina

Dari segi pengawasan ketua Bawaslu HSU Syardani dalam laporannya mengatakan sudah menyiagakan personilnya 1 orang disetiap desa, tiap kecamatan ada 7 orang dan di Kabupaten ada 3 orang. Untuk APK juga kami perhatikan bagi yang menyalahi aturan akan kami tertibkan kali ini kami koordinasi dengan Satpol PP HSU. Untuk kampanye hanya diperbolehkan memberikan makanan pada saat acara itu saja, ini sudah jadi ketetapan Bawaslu RI. Dan kepada ASN juga diharapkan netralitasnya.

“Kami siap kawal setiap prosesnya dari awal sampai akhir” ujarnya.

Adapun dari segi pengamanan Kapolres HSU AKBP. Ahmad Arif Sofyan, S.Ik mengatakan telah mendata daerah-daerah yang dianggap aman, rawan atau pun sangat rawan. Karena jumlahnya ada 747 buah TPS maka Polres HSU telah membuat pola pengamanan yang telah kita sesuai juga dengan jumlah personil dan kriteria daerahnya.

“Kita menerjukan 176 personil dari Polda untuk tugas umum, 21 personil dari Brimob, 176 personil BKO dari Kodim, dan alokasi jumlah 200 personil dari Kodam dan Korem. Kami akan terus melakukan koordinasi dengan TNI agar personel untuk pengamanan ini bisa terpenuhi” papar Arif.

Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini bisa diselaraskan apa yang telah dan akan dilakukan setiap instansi yang terlibat dalam mensukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini. (Humpro/Tirta/Ami)