Mendongeng, Formula Efektif Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Mendongeng, Formula Efektif Merangsang Tumbuh Kembang Anak

25th April 2019 0 By admin

AMUNTAI – Masa anak-anak memang menyenangkan. Sejak saat inilah karakter seorang anak dibentuk. Penting bagi orang tua mengisi masa kecil buah hatinya dengan berbagai hal positif, salah satunya dengan berdongeng. Berdongeng tidak hanya sebagai hiburan bagi anak tapi juga edukasi bagaimana perilaku yang baik, sopan santun dan pesan moral yang diselipkan pada anak dalam dongeng yang disampaikan.

Hal ini dirasa patut untuk digelorakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Bunda PAUD HSU serta Dispersip HSU menggelar acara Amuntai Berdongeng bersama ka Awam Prakoso, Kamis (25/4).

Acara yang digelar di Panggung Bundar Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai ini dihadiri oleh Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik, S.Sos, Bunda PAUD HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid M.AP, Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudah, S.Sos, M.Si, Kepala SKPD di lingkup Pemkab HSU serta ratusan anak dari berbagai TK/KB yang ada di HSU.

Sesuai tema yang diangkat “Menjadikan Buku Sebagai Sahabat Anak Hulu Sungai Utara”, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia. Ini tentunya sangat bagus sebagaimana kita lihat pangaruh gadget tidak hanya menjangkit dikalangan orang dewasa tapi juga anak-anak. Demi menghidupkan minat baca buku Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudah, S.Sos, M.Si mengundang Master Dongeng Indonesia Kak Awam Prakoso dari Jakarta.

Laila berharap Amuntai berdongeng tidak hanya menjadi event tahunan, tapi bisa disajikan tiap hari. Oleh karenanya Kak Awam Prakoso yang juga Ketua Dewan Pembina Kampung Dongeng Indonesia akan memberikan seminar pada para orang tua bagaimana memberikan dongeng yang efektif untuk anak-anak setelah kegiatan ini.

Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc menyambut baik terselenggaranya event ini. Husairi juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kak Awam Prakoso di Kota Amuntai.

Lanjutnya lagi, Husairi berharap melalui kegiatan yang positif dan kreatif ini, kita semua dapat menambah wawasan dalam mendidik anak-anak kita baik di sekolah maupun di rumah dalam rangka meningkatkan dan membangun kualitas anak melalui kegiatan mendongeng.

Husairi berpesan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen bersama , khususnya para orang tua agar memberikan perhatian serius dan meluangkan waktu untuk untuk mendongeng atau membacakan buku dongeng bagi anak-anak. Mengingat dengan mendongeng adalah salah satu cara efektif dalam merangsang tumbuh kembang anak, sehingga menjadi pribadi yang unggul dan berakhlak di masa depan.

“Anak-anak adalah anugerah terindah yang diberikan pada kita. Dunia anak penuh imajinasi dan rasa keingin tahuan, anak akan meniru apa yang dilihatnya, disinilah peran penting orang tua, pendidik, dan sekitar dalam membentuk karakter anak” pesan Husairi.

Adapun Kak Awam Prakoso seusai acara berdongeng dalam wawancara dengan media juga berpesan kepada orang tua dirumah agar jangan berharap anaknya gemar membaca bila orang tuanya menjauhi buku. Rapikan buku-buku buat perpustakaan kecil dirumah sehingga anak-anak dirumah bisa dengan mudah mengambil dan membukanya.

Tambahnya lagi, mengenai gadget sendiri sebetulnya teknologi yang setiap anak harus kita kenalkan namun jangan sampai menjadi ketergantungan. Oleh karenanya penting bagi orang tua memberikan arahan bahwa alat teknologi ini sebenarnya memang mendukung pembelajaran bukan untuk bermain game

“Apalagi orang tua bisa memisahkan bermain game tidak di Handphone, mungkin kepada alat-alat tradisional atau permainan tradisional” katanya.

Kemeriahan Amuntai Berdongeng kali ini juga diisi dengan penampilan anak-anak TK/KB dan pembagian hadiah menarik untuk anak-anak. (Ami)