PLT. BUPATI HSU KEMBALI SERAHKAN 235 SERTIFIKAT PTSL DI DESA KAYAKAH

PLT. BUPATI HSU KEMBALI SERAHKAN 235 SERTIFIKAT PTSL DI DESA KAYAKAH

24th January 2022 Off By admin

AMUNTAI – Ratusan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021, kembali diserahkan kepada warga Kabupaten Hulu Sungai (HSU).

Hal ini seperti kegiatan penyerahan secara simbolis oleh Pelaksana Tugas (Plt)Bupati HSU H Husairi Abdi, untuk 235 warga Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan, Rabu (29/12/2021) di Balai Desa setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Plt. Bupati HSU Husairi Abdi didampingi langsung Kepala BPN HSU serta Camat Amuntai Selatan, Kapolsek, Koramil serta Kepala Desa setempat.

Plt Bupati Husairi Abdi dalam kesempatan nya menyampaikan rasa syukur sekaligus berterimakasih atas program sertifikat PTSL yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Ia menyebut, dengan adanya sertifikat ini agar dapat menjamin kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang dimiliki masyarakat sehingga memiliki payung hukum yang sah.

“Dengan adanya sertifikat ini tentu ini menjadi kekuatan, sebagai bukti kepemilikan tanah bagi bapak-bapak ibu-ibu warga Desa Kayakah.” kata Husairi.

Disamping menghimbau warga untuk mensukseskan program PTSL, ia juga mengimbau warga masyarakat agar tertip administrasi seperti kelengkapan data kartu keluarga hingga KTP karena sewaktu-waktu sangat penting digunakan.

“Kalau tidak ada kartu tanda identitas diri, agar nantinya bisa dimiliki, sehingga segala urusan kita dapat dipermudah dan tentunya juga memudahkan yang lain kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan.” imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) HSU Sofia Rachman, mengatakan penyerahan hari ini merupakan Hasil kegiatan sertifikasi PTSL Tahun 2021 yang mana kegiatan penyerahan tersebut juga di lakukan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten HSU.

” Kemarin di kecamatan Danau Panggang ada sekitar 969 warga yang menerima sertifikat di tiga desa, dan hari ini untuk desa Kayakah ada 235 sertifikat yang kita serahkan alhamdulillah sudah selesai semua, dan rencananya besok kita serahkan 2 ribu lagi di Kecamatan Babirik.” katanya.

Sofia Rachman menyebut di tahun 2021 sendiri, ada 460 lebih telah mengikuti program sertifikasi PTSL kepada warga masyarakat HSU.

Sedangkan di tahun 2022, ia menyebut ada 36 ribu bidang tanah lagi yang siap dilakukan pengukuran, dengan menargetkan seluruh bidang tanah di tahun 2025 dapat terukur semua.

“Kemudian insyaallah sertifikat yang akan kita keluarkan sebanyak 5 ribu sertifikat.” tuturnya

Dirinya menghimbau warga yang ikut program PTSL di tahun 2022, agar menyiapkan segala dokumen, surat menyurat menunjukan data yuridis sehingga petugas BPN dilapangan dapat mudah melakukan pengukuran berkat kerjasama tersebut.

Pada kesempatan tersebut, disamping penyerahan sertifikat tanah, Plt. Bupati HSU H. Husairi Abdi juga berkesempatan meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan oleh UPT Puskesmas setempat bekerjasama dengan Kodim 1001/HSU, Polres HSU serta aparat kecamatan dan desa setempat.

(Diskominfo/HUMPROHSU)