BUPATI WAHID TINJAU PILKADES SERENTAK DI HSU

BUPATI WAHID TINJAU PILKADES SERENTAK DI HSU

7th December 2021 Off By admin

AMUNTAI – Sebanyak 73 desa yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) , melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hari ini Rabu (27/10/2021) berjalan lancar.

Hal itu dikonfirmasi langsung Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) HSU Rizali Hadi saat ditemui di Gedung Agung, menghadiri kegiatan pemantauan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Pelaksanaan proses pemungutan suara berlangsung dari pukul 07:00 Wita sampai jam 13:00.

Rizali mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak ini juga melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 HSU dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) mulai tahapan pemungutan suara hingga perhitungan suara.

“Meskipun kegiatan Pilkades (berlangsung), tidak menjadi sumber penularan Covid-19.” ucap Rizali.

Sedangkan untuk pengamanan itu sendiri, pelaksanaan Pilkades juga di dukung dari Polres HSU, Kodim 1001/Amt dan linmas di desa masing-masing.

“Sampai saat ini proses (Pilkades) berjalan dengan lancar, mudah-mudahan berjalan dengan lancar.” ujarnya.

Sebagai informasi, ada 139 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 51.965 pemilih, sedangkan jumlah calon kepala desa ada 229 orang.

Bupati HSU juga meminta masyarakat untuk berpartisipasi semaksimal mungkin dalam menyukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini.

Masyarakat hendaknya dewasa dalam memilih, artinya memilih dengan hati nurani tanpa paksanaan, dan siapapun yang terpilih hendaknya menerima dan jangan ada permusuhan karena berbeda pilihan.

Bupati Wahid menambahkan, untuk saat ini kemungkinan yang menjadi perhatian lebih adalah penerapan protokol kesehatan di TPS masing-masing desa.

“Bagaimana pemilih yang datang, maupun panitia yang bertugas, itu tetap melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan mencegah kerumunan.” jelas Wahid.

Ia berpesan, kepada seluruh panitia pelaksana yang menjalankan tugas agar melaksanakan sesuai dengan ketentuan berlaku.

(Diskominfo/HumproHSU)