BUPATI HSU IKUTI VICON PERINGATAN HKN KE-57 KEMENTERIAN KESEHATAN RI

BUPATI HSU IKUTI VICON PERINGATAN HKN KE-57 KEMENTERIAN KESEHATAN RI

9th December 2021 Off By admin

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si mengikuti vicon peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) bersama Kementerian Kesehatan RI di Mess Negara Dipa Amuntai, Jum’at (12/11)

Turut hadir mengikuti vicon tersebut Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, Wakapolres HSU, perwakilan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Kepala Dinas Kesehatan HSU serta jajaran.

Peringatan HKN ke-57 mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif sehingga Indonesia kembali sehat dan kembali tumbuh.

Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk preventif, deteksi, dan responsif dengan harapan jumlah kasus menurun dan kesembuhan meningkat serta kematian dapat dicegah.

“Alhamdulillah saat ini Indonesia sudah bisa mengendalikan pandemi saat ini. Ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan, tanpa kerja keras dari seluruh insan kesehatan yang ada di seluruh pelosok-pelosok Indonesia,” kata Menkes.

Capaian penurunan kasus COVID-19, kata Menkes haruslah disikapi dengan bijak. Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah lonjakan kasus yang tinggi. Sebab, potensi peningkatan lonjakan kasus COVID-19 atau gelombang baru COVID-19 dapat terjadi bukan hanya dari virus COVID-19 yang bermutasi, melainkan faktor-faktor lain yang dapat menstimulasi persebaran penyakit seperti perilaku masyarakat, lingkungan, pelayanan kesehatan dan cakupan vaksinasi COVID-19 termasuk potensi lonjakan kasus pada hari-hari besar keagamaan seperti libur Nataru dan Idul Fitri.

“Terima kasih kepada seluruh insan kesehatan di seluruh pelosok Indonesia, dan mari kita bersama-sama menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia mampu mengatasi pandemi ini dan Indonesia akan menjadi pemimpin yang memulai transformasi arsitektur sistem kesehatan dunia,” pungkasnya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK usai mengikuti vicon menyampaikan usia 57 tahun bukanlah usia yang muda, pandemi covid 19 merupakan krisis kesehatan global pelaksanaan peringatan HKN ke 57 ini merupakan momentum bersyukur karna indonesia salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan Covid-19.

“Dibutuhkan kepatuhan masyarakat untuk meningkatkan Kepatuhan protokol kesehatan di setiap kegiatan. Tema hari kesehatan tahun 2021. Sehat Negeri ku Tumbuh Indonesia ku,”kata dia. 

Ia menambahkan banyak tenaga kesehatan yang meninggal karna berjuang melawan Covid-19 selama 2 tahun ini. Alat pelindung diri tidak mampu mementengi diri dari, virus Korona. inilah yang membuat para tenaga kesehatan kita gugur. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Polri yang juga ikut berpartisipasi membantu memutus rantai Covid-19 di kabupaten Siak. Kita perlu memberi apresiasi kepada para pejuang medis yang melawan Covid 19 dan menjadikan Peringatan Hari Kesehatan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran kita untuk menetapkan Protokol Kesehatan,”tutupnya

(HUMPROHSU)