PERESMIAN MESJID RAYA AT-TAQWA AMUNTAI MENJADI MESJID RAMAH ANAK

PERESMIAN MESJID RAYA AT-TAQWA AMUNTAI MENJADI MESJID RAMAH ANAK

29th September 2021 0 By admin

AMUNTAI – Selain untuk mewujudkan Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK meresmikan Masjid Ramah Anak (MRA) di Masjid Agung At-Taqwa, Kamis (16/9/2021).

Dalam sambutan Bupati HSU menyampaikan, peresmian masjid ramah anak ini adalah sebagai komitmen pemerintah daerah untuk mempertahankan kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak dan mendekatkan anak-anak terhadap masjid.

“Masjid ramah anak dapat mendorong percepatan terwujudnya kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak yang lebih tinggi lagi. Salah satu indikatornya yaitu pembangunan dan pengembangan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang berstandar dan tersertifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.” ucap Wahid.

Lebih lanjut, disamping fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan menuntut ilmu keislaman, masjid juga bisa menjadi tempat anak-anak berkumpul melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif dan rekreatif yang aman dan nyaman bagi anak dan orang tua.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU, Hj. Gusti Iskandariah, mengatakan mesjid ramah anak memiliki peran sangat penting dalam menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam berpatisipasi mewujudkan lingkungan yang ramah anak.

“Masjid ramah anak At-Taqwa ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan ibadah untuk laki-laki dan perempuan, sudut baca, tempat buku, sarana prasarana air bersih untuk wudhu dan cuci tangan anak, sarana bermain anak, taman pendidikan Al-Quran.” katanya

Selanjutnya ia berharap diresmikan mesjid ramah anak At-Taqwa ini semakin banyak alternatif anak untuk bermain ditempat yang terlindungi.

Adapun dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pengukuhan pengurus masjid ramah anak serta pelantikan pengurus baru forum anak daerah Kabupaten HSU periode 2021-2023.

(Diskominfo/HumproHSU)