Wahid: Kunci Sukses Upacara Ada Pada Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih

Wahid: Kunci Sukses Upacara Ada Pada Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih

25th August 2021 0 By admin

AMUNTAI – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si mengukuhkan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibra) tingkat Kabupaten HSU, Rabu (11/8)

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Indoor GOR Pangeran Suryanata Karias juga dihadiri oleh Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM, M.Kes, Wakapolres HSU, Kasdim 1001/Amt-Blg, Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik, S.Sos, MM serta para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengatakan bersyukur bisa berada ditengah-tengah 45 orang putra-putri terbaik HSU yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2021 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Menjadi anggota Paskibra merupakan kebanggaan tersendiri, karena akan memiliki pengalaman berharga untuk melaksanakan dsn mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih khususnya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 tingkat Kabupaten HSU dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Keterlibatan adik-adik dalam rangkaian Peringat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki peran strategis dan sangat relevan dalam proses transfer nilai-nilai historis dan nasionalisme bagi generasi muda sebagai generasi penerus perjuangan para pendiri Republik Indonesia. Melalui transfer nilai-nilai historis anggota Paskibra mendapatkan pelajaran yang terkandung dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah dan mengibarkan sang Merah Putih sebagai identitas bangsa Indonesia yang merdeka. Sementara melalui transfer nilai nasionalisme anggota Paskibra dituntut menghayati bahwa sang Merah Putih tidak hanya dimaknai sebatas sebagai simbol negara yang merdeka tapi juga dimaknai sebagai perekat dan pemersatu suku bangsa, ras, agama maupun kebudayaan. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia yang beraneka ragam merasa memiliki satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Bupati Wahid berharap para anggota Paskibra HSU mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. memiliki integritas kepribadian baik, mental kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah demi kemajuan HSU yang kita cintai serta bangsa dan negara Indonesia.

Apalagi kita sekarang masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 maka diharapkan adik-adik bisa menjadi pelopor dalam penerapan protokol kesehatan sehingga kita semua mampu melakukan pencegahan dan mempercepat penanganan Covid-19 agar kita tetap menjadi tangguh dan tumbuh.

Wahid juga meminta kepada para anggota Paskibra HSU mampu menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, memberikan pengaruh positif dilingkungan tempat tinggal maupun pergaulan masyarakat.

Bupati Wahid juga mengungkapkan terimakasih kepada orang tua yang telah memotivasi. Kepada para pembina pembimbing dan pelatih Wahid mengucapkan terimakasih atas segala usaha dan kesabaran membimbing putra-putri terbaik HSU selama proses latihan.

“Ingat masih ada tugas berat dipundak kalian yang harus dilaksanakan sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada upacara yang akan dilaksakan pada tanggal 17 Agustus 2021. Karena inti suksesnya upacara ada pada Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih. Oleh karena itu kami harapkan agar adik-adik anggota Paskibra HSU tidak menganggap ringan tugas ini dan laksanakan dengan semangat penuh tanggung jawab dan penuh keikhlasan” tegas Wahid

persiapkan diri baik-baik sejak sekarang untuk siap melanjutkan tugas kepemimpinan. Pemuda-pemudi HSU yang kita harapkan untuk tampil dan melanjutkan kepemimpinan kelak adalah mereka yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas, berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik bagi daerah, bangsa dan negara.

“Dirgahayu Republik Indonesia ke-76. Indonesia Maju Indonesia Tumbuh” ucap Wahid.

(HumproHSU)