Tingkatkan Pelayanan di Daerah Terpencil, Bupati HSU akan tingkatkan Puskesmas Paminggir jadi Puskesmas Rawat Inap

Tingkatkan Pelayanan di Daerah Terpencil, Bupati HSU akan tingkatkan Puskesmas Paminggir jadi Puskesmas Rawat Inap

14th July 2021 0 By admin

AMUNTAI – Bertempat di Mess Negara Dipa Amuntai, Selasa (22/6) Digelar Rapat Koordinasi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar di Kawasan Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka membahas strategi kedepan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam memberikan pelayanan kesehatan bergerak untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil.

Kepala Dinas Kesehatan HSU Danu F. Fotuhena mengatakan program ini awalnya dicetuskan oleh Kementerian Kesehatan, kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan selanjutnya dilaksanakan di beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan, untuk Kabupaten HSU tempatnya di Kecamatan Paminggir.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang adil dan merata khususnya yang bertempat tinggal di daerah terpencil dan perbatasan” ungkapnya

Kegiatan pelayanan kesehatan bergerak ini nantinya akan dipusatkan di Desa Ambahai, Kecamatan Paminggir, di Puskesmas Paminggir tepatnya.

Program kegiatan yang akan dilaksakan nantinya adalah penurunan angka stunting, penurunan resiko kematian ibu dan anak, serta percepatan penanganan Covid-19.

“Sementara ada 34 nakes yang bertugas di Puskesmas Paminggir dan statusnya sekarang masih puskesmas rawat jalan tapi tahun 2021 ini kita akan tingkatkan menjadi puskesmas rawat inap sesuai dengan arahan dari Bupati HSU” tambah Danu

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Edi Sabhara, SKM, M.Kes mengatakan program ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang sudah ada. Kemarin tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan juga melaksanakan program pelayanan kesehatan bergerak ini di Kabupaten HSU di Desa Hantakan dengan mendatangkan dokter spesialis penyakit dalam, dan kali ini untuk Kabupaten HSU di Desa Ambahai Kecamatan Paminggir kami datangkan dokter spesialis kandungan.

“Harapannya masyarakat yang selama ini belum pernah bersentuhan dengan dokter spesialis pada kali ini dokter spesialisnya langsung yang mendatangi masyarakat ke desa dan daerah terpencil” ungkap Edy

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK berterimakasih kepada Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang telah mengalokasikan kegiatan di Desa Ambahai, Kecamatan Paminggir dalam kegiatan pelayanan kesehatan bergerak tahun ini

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara nantinya akan meningkatkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Paminggir dengan membangun Puskesmas rawat inap dan melengkapi fasilitas kesehatan lainnya disana.

Ditambah nanti disana juga akan ditugaskan dokter spesialis Kandungan , jadi ini akan sangat bersentuhan sekali dengan penanganan stunting dan ibu hamil beresiko.

Untuk pengendalian Covid-19 di HSU Alhamdulillah sampai saat ini masih cukup baik, namun demikian kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan membatasi mobilitas di luar rumah bila dirasa tidak perlu.

HumproHSU