PERINGATAN HARGANAS 2021, BUPATI WAHID HARAPKAN KUALITAS KELUARGA DI HSU MENINGKAT

PERINGATAN HARGANAS 2021, BUPATI WAHID HARAPKAN KUALITAS KELUARGA DI HSU MENINGKAT

19th July 2021 0 By admin

AMUNTAI – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan simbol penghargaan terhadap keluarga Indonesia, yang telah melakukan partisipasi aktif dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan Keluarga di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK saat menghadiri acara Puncak Peringatan Harganas ke-28 secara virtual di Mess Negara Dipa, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, peringatan Harganas ini dimaksutkan sebagai bentuk apresiasi bagi para pengelola program keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera mulai dari tingkat daerah sampai tingkat pusat dan para mitra kerja program kependudukan keluarga berencana.

Lebih lanjut, ia juga berharap dengan adanya momentum ini bisa meningkatkan kesadaran para anggota keluarga untuk senantiasa berupaya memperbaiki kualitas kehidupan keluarga secara berkelanjutan sehingga membentuk keluarga yang harmonis, lestari, berkarakter, sehat, sejahtera, tegar dan tangguh menghadapai permasalahan kehidupan, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

“Ini menjadi momentum untuk kita ingatkan agar selalu berusaha sekuat tenaga untuk menerapkan fungsi-fungsi keluarga, seperti fungsi keagamaan, kesehatan, kasih sayang, pendidikan, reproduksi, sosialisasi, budaya, ekonomi dan pelestarian lingkungan.” kata Wahid.

Seperti diketahui tema Peringatan Harganas ke-28 kali ini meangkat tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk merawat gizi dan mencegah stunting.

“Kita bersyukur karena berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan keluarga di desa-desa menunjukkan angka dukungan yang cukup tinggi. Mudah-mudahan ini menjadi daya dukung kita, bagi kita meningkatkan kemampuan Keluarga di kabupaten HSU dalam meningkatkan visi pembangunan daerah HSU Mantap (Maju, Mandiri, sejahtera agamis, dan produktif).” ucap Wahid.

Disamping itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid mengatakan, tantangan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia adalah bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas, kesehatan dan gizi serta pengasuhan anak yang cukup, salah satu masalah gizi yang ditemukan di Indonesia saat ini adalah stunting yang disebabkan oleh kekurangan gizi.

“Kasus stunting memiliki potensi sebagai ancaman dalam mewujudkan generasi yang berkualitas maka pada saat ini waktu yang tepat bagi keluarga untuk berbenah memperbaiki dan menyatukan semangat untuk bangkit dan mengembalikan keluarga pada hakikatnya.” ujarnya.

Dimasa pandemi Covid-19 mengingatkan kita untuk mengembalikan kiprah kita dalam keluarga untuk lebih peduli pada lingkungan yang paling kecil yang terdekat, namun sangat berharga yaitu keluarga.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Harganas ke – 28 tingkat Kabupaten HSU tahun 2021 ialah pemberian penghargaan dari kepala BKKBN Dr. Hasto Wardoyo untuk kabupaten HSU sebagai pelaksana pendataan keluarga tahun 2021 tercepat mencapai 100 persen di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Capaian pelayanan KB sejuta akseptor sebesar 2505 akseptor atau sekitar 133,60 persen dari target 1.875 akseptor yang diberikan perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel.” tutup Anisah.

(Diskominfo/HumproHSU)