Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di HSU Dimulai

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di HSU Dimulai

17th February 2021 0 By admin

AMUNTAI – Dilaksanakan serentak di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) penyuntikan dosis kedua vaksin Covid-19 dimulai. Vaksinasi dosis kedua ini mulai dilakukan karena dari jarak waktu penyuntikan dosis pertama yang dilakukan sudah memenuhi syarat jarak 14 hari.

Sebagaimana penyuntikan dosis pertama, yang menerima vaksin dosis kedua ada 14 perwakilan pencanangan vaksin antara lain pejabat publik, kepala tenaga kesehatan dan organisasi profesi kesehatan, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pencanangan vaksin dosis kedua ini dilaksanakan di Aula KH. Dr. Idham Chalid HSU, Selasa (16/2)

Kepada media Plt. Kepala Dinas Kesehatan HSU Danu Fotohena mengatakan karena proses pembentukan antibodi itu diperkirakan 14 hari baru terbentuk. Menurut literatur yang ada, 50 persen baru terbentuknya antibodi kita saat vaksin dosis pertama, kemudian dikasih dosis kedua supaya maksimal sampai 90 persen antibodi terbentuk.

Untuk prioritas penyuntikan dosis kedua ini yaitu 1.315 tenaga kesehatan di HSU sedangkan stok vaksin di gudang farmasi tercatat 1.433 vaksin masih tersedia.

Menurut Danu, proses penyuntikan dosis pertama di HSU kepada para nakes sudah mencapai 72 persen dan kemungkinan akan terus naik dari target yang sudah ditentukan nasional yaitu 70 persen.

“Karena kawan-kawan kita (nakes) yang kemarin ditunda sudah stabil kesehatannya dan ada beberapa yang sudah mulai divaksinasi” ucap Danu

Danu juga menambah menurut edaran dari Kementerian Kesehatan sekarang vaksinasi sudah bisa diberikan kepada usia 60 tahun ke atas, pasien komorbid, ibu menyusui, dan penyintas Covid-19.

Oleh karena itu Danu berharap seluruh petugas publik untuk berpartisipasi secara maksimal mengikuti vaksinasi ini. Karena setiap peserta vaksinasi juga akan melawati proses screening terlebih dahulu dari para dokter untuk dipastikan kestabilan kesehatannya sebelum diberikan vaksin.

Disisi lain, Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, dirinya pribadi setelah disuntik dosis pertama tidak merasakan gejala apapun atau efek samping dari vaksin COVID – 19.

“Alhamdulliah semenjak disuntik vaksin dosis pertama, saya pribadi tidak merasakan gejala apapun dan sampai saat dengan tadi saya sudah melakukan vaksin dosis kedua mudah – mudahan tidak ada masalah.” katanya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten HSU untuk tidak ragu melaksanakan vaksinasi COVID – 19 yang sudah diuji klinis secara ketat bahwa vaksin COVID – 19 aman dan halal untuk digunakan.

Adapun Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si menambahkan diperkirakan pada bulan Maret seluruh pejabat yang memberikan layanan pada masyarakat atau pelayan publik akan mulai mendapatkan vaksinasi secara bertahap.

Untuk di HSU sendiri tingkat penyembuhan pasien Covid-19 tetap stabil di angka 92-95 persen. Ini perlu kita syukuri dengan bersama-sama menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas bila tidak ada kegiatan yang dirasa penting.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tersebut menjadi bentuk kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat memerangi virus Covid-19 selain daripada upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten HSU.

“Bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya untuk melakukan SWAB sekarang sudah bisa dilaksanakan tidak hanya di Dinas Kesehatan ataupun Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai tapi juga di seluruh Puskesmas yang ada di HSU, hal ini untuk mendekatkan kegiatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat luas” ungkap Wahid.

(Diskominfo/HumproHSU)