HSU BERSIAP HADAPI BANJIR

HSU BERSIAP HADAPI BANJIR

30th January 2021 0 By admin

AMUNTAI – (14/01) Bersiap dalam rangka menghadapi banjir Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melakukan berbagai hal, salah satunya melaksanakan Apel Gelar Pasukan yang diikuti oleh ratusan personil yang terdiri dari unsur TNI-Polri, BPBD, Satpol PP dan Damkar, PMI, Tagana, Pramuka dan berbagai unsur relawan lainnya.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Komandan Kodim 1001/Amuntai-Balangan Letkol. Inf. Ali Ahmad Satriyadi.

Dalam amanatnya Dandim 1001/Amuntai-Balangan menekankan kesiap siagaan personil dan materil dalam menghadapi bencana banjir di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Selain itu visi dan misi yang di jalankan haruslah sejalan dengan apa yang diharapkan yaitu membantu masyarakat yang terdampak banjir baik dari segi evakuasi maupun bantuan logistik makanan bagi korban banjir.

“Wilayah Hulu Sungai Utara yang saat ini sudah dikepung oleh banjir di wilayah kabupaten tetangga, saat ini masih dalam kondisi aman dan terkendali hal ini menjadi motivasi dan dorongan kepada pemerintah daerah serta unsur terkait dalam menghadapi bencana” kata Dandim

Lanjut lagi, Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilintasi oleh tiga buah sungai yaitu Balangan, Tabalong dan Nagara merupakan daerah rawan dari bencana banjir setiap tahunnya, hal ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah dalam menangani dampak banjir baik saat terjadi maupun pasca bencana.

Berbagai usaha dan terobosan telah dilaksanakan sehingga dampak bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Adapun, Kepala BPBD Hulu Sungai Utara Drs. Sugeng Riyadi, M.AP menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam kesiap siagaan penuh dan BPBD telah menyiapkan logistik dan meteril serta personil dalam mengahadapi bencana nantinya.

“Masyarakat diharapkan proaktif dalam bersama–sama menghadapi bencana banjir ini, misalnya dengan melaksanakan aksi bersih–bersih dilingkungan masing–masing terutama selokan, gorong-gorong dan jalur perlintasan air lainya sehingga air yang datang akan mengalir dengan baik” ungkap Sugeng.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di depan maskot kota Amuntai yang merupakan posko bencana dari berbagai unsur baik dari TNI dan polri dan unsur relawan lainnya.

(HumproHSU)