RSUD PAMBALAH BATUNG TERIMA BANTUAN VENTILATOR

RSUD PAMBALAH BATUNG TERIMA BANTUAN VENTILATOR

9th December 2020 0 By admin

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid Hk, MM, M.Si didampingi Direktur RSUD Pembalah Batung Amuntai dr. M. Yandi Friyandi beserta jajaran menerima dua set Ventilator bantuan dari Kementrian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan di RSUD Pembalah Batung Amuntai, Senin (19/10).

Ventilator bantuan tersebut merupakan Ventilator yang mempunyai kualitas tinggi buatan Amerika Serikat (USA). Dua set ventilator ini nantinya akan menambah kelengkapan Ventilator yang ada sehingga RSUD Pembalah Batung saat ini mempuntai 8 (Delapan) set Ventilator.

Bupati Hulu Sungai Utara menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ungkapan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, khususnya kepada Gubernur Kalimantan Selatan yang telah memberikan Bantuan 2 (dua) set Ventilator ini. Dua set Ventilator yang diterima ini merupakan wujud perhatian dan apresiasi dari jajaran Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan karena Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara telah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terlebih lagi di masa-masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kebutuhan Alat Ventilator di masa pandemi ini sangatlah dibutuhkan, karena Ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Ventilator sering kali dibutuhkan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri, baik karena suatu penyakit atau karena cedera yang parah. Tujuan penggunaan alat ini adalah agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup.
Melalui ventilator, pasien yang sulit bernapas secara mandiri dapat dibantu untuk bernapas dan mendapatkan udara layaknya bernapas secara normal. Mesin ventilator akan mengatur proses menghirup dan menghembuskan napas pada pasien. Ventilator akan memompa udara selama beberapa detik untuk menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien, lalu berhenti memompa agar udara keluar dengan sendirinya dari paru-paru.

Direktur RSUD Pembalah Batung mengharapkan dengan adanya bantuan ventilator ini maka pelayan kepada pasien akan lebih baik lagi dan akan meningkatkan kemampuan Rumah Sakit dalam menangani berbagai ganguan kesehatan terlebih bagi pasien Covid-19.