PERINGATI WORLD CLEANUP DAY, BUPATI HSU AJAK MASYARAKAT JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

PERINGATI WORLD CLEANUP DAY, BUPATI HSU AJAK MASYARAKAT JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si bersama KNPI Hulu Sungai Utara dan Komunitas Pencinta Lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Aksi bersih-bersih di Dermaga Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel. Kegiatan bersih-bersih bersama ini dalam rangka memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) dengan memungut sampah yang berserakan di Dermada Kecamatan Danau Panggang, Minggu (20/9).

Bupati Hulu Sungai Utara yang juga didamping Ketua TP PKK Hulu Sungai Utara Dra. Hj. Annisah Rasyidah Wahid, M.AP, Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik, S.Sos, MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. HSU beserta Jajaran, Ketua GOW Kab HSU serta Unsur Forkopimda Kecamatan Danau Panggang bersama berbagai unsur kepemudaan dan pecinta lingkungan di Kabupaten Hulu Sungai Utara bahu membahu membersihkan lingkungan Dermaga Danau Panggang serta Masjid Sirajul Ummah yang terletak di samping Dermaga tersebut.

Dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada seperti sapu, keranjang dan lai-lain, kegiatan ini membuat masyarakat yang berkativitas di sepanjang dermaga merasa bangga dan bersimpati dengan kegiatan tersebut.

Dipilihnya Dermaga Danau Panggang sebagai lokasi kegiatan karena dermaga ini sehari-harinya melayani transportasi sungai yang mencakupi daerah Kalsel dan Kalteng, hal ini dikarenakan lokasi dermaga yang terletak di alur sungai Negara yang langsung menembus sungai barito. Serta musim kemarau yang terjadi saat ini membuat debit sungai menjadi surut sehingga sampah dan tumbuhan sungai seperti gulma dan enceng gondok menjadi tertumpuk di pinggir dan lingkungan dermaga. Hal ini membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu.

Ketua KNPI Hulu Sungai Utara Almin Ashar Safari, SKM yang juga Ketua DPRD HSU menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kepedulian terhadap lingkungan, terlebih lagi permasalahan sampah yang merupakan masalah pokok dalam kehidupan manusia. Sampah yang merupakan limbah yang terus dikeluarkan oleh manusia merupakan momok yang tak pernah berakhir karena sampah merupakan sumber berbagai masalah, baik itu masalah lingkungan, kesehatan, dan sebagainya. Oleh karena itu dengan momentum Worl Cleanup Day Tahun 2020 ini KNPI mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda di Hulu Sungai Utara untuk lebih peduli dan memperhatikan permasalahan persampahan ini, karena dengan kita peduli dengan lingkungan dan sampah maka kita juga peduli dengan kehidupan dan generasi mendatang.

Sambil memungut sampah yang ada di bantaran dermaga Danau Panggang, Bupati HSU juga memberikan arahan dan himbauan kepada seluruh petugas dan masyarakat tentang pentingnya mejaga lingkungan dermaga agar bersih dan selalu asri sehingga menjadi dermaga yang sehat dan teratur seperti yang didambakan seluruh masyarakat Hulu Sungai Utara.

Selain itu tak lupa pula Bupati HSU menyampaikan agar seluruh masyarakat HSU untuk terus menjaga kebersihan sekitar lingkungan tempat tinggal, kerja, dan ibadah. Terlebih disaat ini pandemi Covid 19 masih melanda Hulu Sungai Utara, dengan terus menjaga kebersihan lingkungan, kemudian selalu memakai masker apabila berkativitas dan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun serta selalu mejaga jarak dan menghindari kerumunan, maka penularan Covid 19 dapat dihindari dan diputus mata rantai penyebarannya.
Seperti diketahui, World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia. (Humas Setda HSU)