PATUHI PROTOKOL KESEHATAN, PERINGATAN HUT KE-68 KABUPATEN HSU DILAKSANAKAN

PATUHI PROTOKOL KESEHATAN, PERINGATAN HUT KE-68 KABUPATEN HSU DILAKSANAKAN

7th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Tepat 1 Mei 2020, genap 68 tahun sudah usia Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Akan tetapi perayaan Hari Jadi pada tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dilaksanakan meriah. Di tengah pandemi Covid-19, perayaannya terpaksa dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi aturan dari pemerintah, tidak mengumpulkan orang banyak, dengan menerapkan physical distancing, serta menggunakan masker.

Meski digelar sederhana dan hanya diikuti beberapa pejabat Forkopimda, upacara yang digelar di Mess Negara Dipa, Jumat (1/5) pagi, tetap berlangsung khidmat. Dengan mengenakan pakaian sasirangan, batik asli Kalimantan Selatan, peserta upacara menerapkan jaga jarak sekitar satu meter dalam barisan. Hal itu sebagai protokol upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Peringatan Hari Jadi ke-68 Kabupaten Hulu Sungai Utara secara sederhana tetap dilaksanakan dalam suasana di tengah situasi pandemi Covid-19, namun tetap memperhatikan upaya pencegahan Covid-19. Hal ini semata-mata sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berbagai limpahan nikmat karunia dan rahmatnya bagi banua dan masyarakat Hulu Sungai Utara,” tutur Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya.

Sedangkan kegiatan lain yang biasanya menjadi rangkaian peringatan hari jadi, seperti pameran atau expo, dan lainnya untuk sementara ditiadakan.

Peringatan Hari Jadi ke-68 HSU yang disiarkan secara langsung melalui Kominfo TV dan Channel Youtube ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars HSU MANTAP, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan doa, serta pembacaan sejarah singkat yang dibacakan oleh Ketua DPRD Almien Ashar Safari, sambutan Bupati HSU H Abdul Wahid HK, dan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Wahid menjabarkan beberapa keberhasilan dan penghargaan dari pemerintah pusat yang telah diraih selama tahun 2019. Selain itu juga dalam acara puncak hari jadi ke-68 ini juga dilaksanakan penandatangan prasasti peresmian proyek oleh Bupati yang merupakan hasil dari pembangunan yang telah terealisasikan, di antaranya adalah pembangunan Puskesmas Haur Gading, pembangunaan Jembatan Bili Teluk Limbung, dan pembangunan Jembatan Bili Jingah Bujur.

“Berbagai keberhasilan dan progres pembangunan yang telah kita raih dan realisasikan tentunya akan kita jadikan modal untuk terus melanjutkan pembangunan dengan melakukan terobosan dan inovasi baru dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Wahid.

Berbicara tentang musibah atau bencana non alam Covid-19 ini, Bupati Wahid juga menginformasikan gambaran dalam rangka pencegahan penyebarannya. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara menyiapkan anggaran sebesar 200 miliar rupiah. Anggaran ini akan diambil dari pergeseran anggaran dana belanja barang dan jasa, perjalanan dinas, dan pembangunan fisik. Dana 200 miliar ini nantinya akan digunakan untuk 3 program, yaitu pertama untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19, kedua untuk pemberian bantuan sosial, dan ketiga adalah untuk menstabilkan ekonomi di tengah masyarakat.

“Saat ini tingkat penyebarannya masih sangat mengkhawatirkan dan membahayakan bagi kehidupan kita. Sehingga dukungan, kekompakan, dan kerjasama harus terus kita galakkan dan tingkatkan. Kita harus bersatu menjaga diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita. Kita harus bersatu padu melawan dan mencegah penyebaran Covid-19,” pesan Wahid.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan dialog Bupati HSU dengan masyarakat secara online.

(HUMPRO/Diskominfo)