Patuhi Protokol Kesehatan, Masyarakat HSU Gelar Sholat Gerhana di Masjid Raya At Taqwa Amuntai

Patuhi Protokol Kesehatan, Masyarakat HSU Gelar Sholat Gerhana di Masjid Raya At Taqwa Amuntai

7th December 2020 0 By admin

Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar sholat gerhana secara berjamaah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 di Masjid Raya At Taqwa Amuntai, Minggu (21/6/2020) petang.

Meski fenomena gerhana matahari yang terjadi pada minggu sore, tak tampak terlihat karena sedang hujan. Namun sholat gerhana yang digelar ba’da Sholat Asyar ini, juga dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan beberapa pejabat SKPD di lingkungan pemkab.

Bertindak sebagai khatib, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSU KH Said Masrawan Lc sedangkan Ustadz H Sam’uni sebagai imam. “Adanya fenomena gerhana matahari ini, marilah kita luruskan niat agar keyakinan kita tidak terpengaruh dengan mitos-mitos menyesatkan apalagi menimbulkan hal-hal yang berbau syirik,” ajak KH Said Masrawan.

Selain itu, KH Said Masrawan juga mengimbau kepada jamaah untuk menyikapi dengan bijak kondisi pandemi sekarang ini dengan penuh keyakinan atas apa yang telah dikehendaki Allah SWT. “Mari kita jaga pola hidup sehat, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, sering berwudhu dan seterusnya. Tentu ini sesuai dengan keterangan ahlinya yang dipercaya,” katanya

Pemerintah Kabupaten HSU menggelar shoalat gerhana setelah menerima surat edaran Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, Kementian Agama RI tentang sholat gerhana berdasarkan laporan dimulai dari pukul 15.32 Wita dan mencapai puncaknya pada pukul 16.25 Wita serta berakhir pada pukul 17.11 Wita untuk wilayah provinsi Kalimantan Selatan.

(HUMPRO/Diskominfo)