KUNJUNGAN KERJA MUI KALSEL DI KABUPATEN HSU

KUNJUNGAN KERJA MUI KALSEL DI KABUPATEN HSU

14th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kunjungan kerja MUI Kalasel dilaksanakan di Aula Dr KH Idham Chalid Amuntai. Kegiatan langsung dihadiri Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc, Ketua MUI HSU KH Said Masrawan beserta jajaran dan tokoh masyarakat.

Ketua MUI HSU KH. Said Masrawan mengatakan, kedatangan rombongan ini pas menjelang, kami akan mengadakan musyawarah daerah pemilihan ketua baru, dengan kata lain ini agenda-agenda tahunan.

Jadi sesuai apa yang kami koordinasikan dengan Pemerintah kabupaten HSU.

“Kami akan melaksanakan musyawarah daerah untuk pertanggung jawaban MUI periode ini tahun 2015-2020 itu pada hari Selasa tanggal 22 Desember nanti. Kami juga akan meminta petunjuk arahan dari MUI Provinsi Kalsel,” Ujarnya.

Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc selaku pemerintah memandang penting kedudukan Ulama dimasyarakat seperti halnya para Ekonom, Pembisnis, Ilmuwan atau Politisi Ulama turut serta dalam menentukan keberhasilan bangsa, mengatasi permasalahan menuju erajat kesejahteraan yang lebih tinggi.

“Harapan kita semua semoga kunjungan kerja dan silaturahmi ini berlangsung dengan baik dan memberikan manfaat dan maslahat bagi banua kita tercinta,” harapnya.

Wakil Bupati juga menjelaskan, fungsi MUI yang menyangkut 4 hal adalah sebuah tuntunan, tuntutan, yang pertama memberikan fatwa dan nasehat kepada umat Islam dan pemerintah mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan, kedua MUI menjadi wadah Ukhuwah Islamiyah, ketiga MUI sebagai organisasi yang mewakili umat Islam, dan terakhir MUI menjadi penguhubung timbal balik guna mensukseskan roda pembangunan.

“Ke empat fungsi tersebut harus senantiasa diintensifkan evaluasi terhadap pelaksanaannya akan menjadi bahan pertimbangan bagi MUI untuk melangkah kedepannya lagi,” pungkasnya.

Sementara Ketua Umum MUI Provinsi Kalsel KH Husin Naparin Pengurus Provinsi ada kewajiban mengunjungi MUI – MUI Kabupaten Kota se-Kalsel. Dan telah dilaksanakan di Kab./Kota di Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Rantau, Kandangan, Barabai, Balangan, Tabalong. Dan hari ini giliran di Kab. HSU. Yang belum di Kab./Kota Marabahan, Pelaihari, Tanah Bumbu, dan Kota Baru.

“Tahun 2021 nanti kalau tidak salah bulan April mungkin kita akan mengadakan Musyawarah Daerah mencari Ketua Umum yang baru nantinya”. Ujarnya.