KAPOLDA RESMIKAN MASJID AL HIDAYAH POLRES HSU

KAPOLDA RESMIKAN MASJID AL HIDAYAH POLRES HSU

7th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr Nico Afinta seiring kunjungan kerja menghadiri pencanangan Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) juga meresmikan Masjid Al-Hidayah yang berada di kawasan Mapolres Hulu Sungai Utara.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto selaku ketua panitia pembangunan Masjid Al-Hidayah di Amuntai, Rabu (15/7) melaporkan, masjid dibangun sejak September 2019 dan selesai pada akhir Mei 2020.

“Sumber dananya berasal dari sumbangan pejabat dan personil Polres HSU yang dikumpulkan setiap Senin dan Jum’at, sumbangan perusahaan, pemerintah daerah, Forkopimda, dan lainnya,” ujar Pipit.

Pipit berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat membantu pembangunan masjid dan mendo’akan segala yang dicurahkan untuk pembangunan tempat ibadah ini menjadi amal jariyah.

Masjid yang selesai pembangunan selama 10 bulan ini terdiri dua lantai dimana lantai dasar direncanakan jadi lokasi parkir mobil water canon Polres HSU. Hanya lantai bagian atas difungsikan untuk tempat ibadah.

Kapolres juga berharap Masjid Al-Hidayah Polres HSU bisa menjadi tempat bermusyawarah, berdiskusi, dan membahas berbagai permasalahan.

“Sebelum diresmikan, pihak Polres mengawalinya dengan pembacaan Al-Qur’an 30 juz dengan maksud memohon kepada Allah SWT agar Bangsa Indonesia terbebas dari wabah covid-19 dan jajaran kepolisian dapat melaksanakan tugas dengan baik,” katanya.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta mengapresiasi Kapolres HSU yang berinisiatif membangun masjid di kawasannya.

Pembangunan masjid ini, kata Nico, sangat bersesuaian dengan tujuh prioritas Kapolri, di antaranya pembangunan SDM unggul.

“Kalau di kawasan Polres dibangun masjid, berarti harus bisa mencetak manusia-manusia unggul,” katanya.

Menurut Nico, masjid bisa mencetak manusia unggul, karena mesjid sebagai sarana pendidikan agama, tempat berdiskusi, bermusyawarah, dan pengajian.

Kapolda juga berharap dari masjid Polres HSU bisa timbul pemikiran-pemikiran yang bisa menghadirkan solusi bagi permasalahan di masyarakat HSU.

“Salah satu permasalahan yang kita hadapi yakni penyebaran wabah covid-19 dan satu-satunya obat yang manjur untuk diterapkan adalah disiplin,” kata Kapolda.

Semua pihak, diharapkan Nico, mampu menerapkan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan agar penyebaran covid-19 bisa segera diakhiri.

Peresmian Masjid Al-Hidayah Polres HSU ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda Kalsel.

Pada kesempatan itu, Kapolda melakukan pemotongan nasi tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur dan memberikan potongan pertama kepada Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari.

Kapolda juga menyerahkan cenderamata kepada alim ulama yang diwakili Ketua MUI HSU KH Said Masrawan dan cendramata serta sertifikat kepada donatur pembangunan masjid yang diterima Ketua KONI H Barkati.

Kepada sejumlah pengurus panti asuhan, Kapolda juga memberikan cendramata berupa bantuan sembako kepada dua panti asuhan di HSU yang diserahkan Asisten I Setdaprov Kalsel Sugian Noor.

Sedangkan cendwramata bagi Kapolda Kalsel berupa bunga cempaka dalam botol atau ‘bunga abadi’ khas kerajinan HSU diserahkan oleh Kapolres HSU.

Kegiatan peresmian Masjid Al-Hidayah Polres HSU turut dihadiri Gubernur diwakili Asisten I Setdaprov Kalsel Sugian Noor, Danrem 101 Antasari yang diwakili Kasrem.

Selain itu, Bupati HSU H Abdul Wahid dan Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari juga hadir bersama Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Kepala Kejaksaan Negeri HSU Novan Hadian, Ketua KONI HSU H Barkati dan undangan lain.

Alim ulama di antaranya Ketua MUI HSU KH Said Masrawan, KH Bari’e, KH Abdul Hamid, dan KH Sam’uni juga diundang Kapolres HSU dalam rangka mendo’akan dan bersilaturahmi dengan Kapolda Kalsel.

Kapolda bersama Bupati HSU dan undangan menyempatkan melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah di masjid yang baru dibangun tersebut. Selepasnya Kapolda dan jajaran bertolak kembali melanjutkan kunjungan kerja ke kabupaten lain.

(HUMPRO/Diskominfo)