KABUPATEN HSU KEDATANGAN TIM PENILAI LOMBA KESRAK PKK BANGGA KENCANA TINGKAT PROVINSI

KABUPATEN HSU KEDATANGAN TIM PENILAI LOMBA KESRAK PKK BANGGA KENCANA TINGKAT PROVINSI

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara Kedatangan Tim Verifikasi lapangan dari tim penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Tahun 2020 di Desa Hambulu Lima, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Senin (23/11).

Kedatangan Tim Penilai di Desa Hambuku Lima dari TP PKK Provinsi Kalsel, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel, dan BKKBN Provinsi Kalsel disambut langsung oleh Bupati HSU H. Abdul Wahid Hk, Ketua TP PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah, Forkopimda HSU, serta para kader PKK dan masyarakat setempat.

Ketua TP PKK Desa Hambuku Lima Anisa Rahmah dalam laporannya menyampaikan sampai saat ini untuk desa Hambuku Lima telah melaksanakan program pembinaan PKK, yaitu berupa kelompok-kelompok dasawisma, kegiatan peningkatan pelayanan KB melalui kelompok-kelompok kegiatan (poktan) dan KIE, kegiatan kesehatan yang menanamkan perilaku hidup bersih sehat di rumah tangga, kesehatan lingkungan, serta melaksanakan posyandu dan pokja-pokja posyandu.

Selain itu Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi lapangan teknis pelaksanaan kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan tingkat provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 di Desa Hambuku Lima Kecamatan Babirik.

Menurut Wahid, Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana kesehatan adalah intensifikasi peran PKK dalam program KB nasional dan pembangunan kesehatan, yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait di semua tingkat wilayah dalam rangka membangun sejahtera.

“Semoga melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan angka kelahiran, kematian ibu dan bayi, serta dapat mendukung percepatan eliminasi TBC, pencegaham stunting, dan peningkatan kualitas imunisasi dalam rangka untuk mewujudkan manusia yang sehat dan berkualitas,” harap Wahid.

Selanjutkan Tim penilai Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Tahun 2020 yang diwakilkan oleh Dr. Mahendra Prakoso dalam sambutannya menyampaikan, Gerakan PKK dengan 10 Program Pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Kegiatan pemberdayaan yang mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan kesehatan yang terkait dengan 10 Program PKK, khususnya program ke 7, 9, dan 10 (Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat) telah dilakukan secara nyata dan mendapat pengakuan yang luas.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana – Kesehatan sebagai sarana pembinaan untuk memotivasi para kader dan keluarga serta Tim Penggerak PKK dalam pencapaian target PKK-KKB dan Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dalam bentuk mengadakan lomba untuk memilih Pelaksana Terbaik yang akan mendapatkan Pakarti Utama dan Pakarti Madya Kategori Kabupaten dan Kota. Lomba-lomba tersebut adalah: Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga.

(HUMPRO/Diskominfo)