HUT KE-70 PROVINSI KALSEL DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL

HUT KE-70 PROVINSI KALSEL DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL

8th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun ini dalam memperingati HUT ke-70 berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu diselenggarakan secara virtual dan sederhana serta tetap menggunakan protokol kesehatan, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Hal ini dikarenakan Kalimantan Selatan masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Meskipun dilakasanakan secara virtual melalui Video Conference (Vicon), Bupati HSU H. Abdul Wahid HK bersama Forkopimda HSU tetap antusias mengikuti hingga selesai peringatan HUT Ke-70 Provinsi Kalsel, di Mess Negara Dipa, Jum’at (14/8/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-70 Provinsi Kalimantan Selatan, dengan tema “Barakat Adat, Banua Baadab. Barakat Iman, Banua Salamat”.

Dalam sambutannya, Sahbirin menyampaikan bahwa pada 14 Agustus 1950, Kalimantan Selatan saat ini sudah berusia 70 tahun. Provinsi tertua di Pulau Kalimantan, terus berbenah dari berbagai sisi. Mulai dari infrastruktur hingga kesejahteraan masyarakat yang menjadi fokus pemerintah daerah, baik provinsi maupun 13 kabupaten/kota yang ada.

Sahbirin mengingatkan bahwa momentum Hari Jadi merupakan kesempatan untuk refleksi terhadap apa yang sudah dilakukan dalam hal memajukan dan membangun banua.

Apalagi di usia Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah 70 tahun, tentunya sudah banyak yang dilalui dan dipenuhi perjuangan oleh orang-orang terdahulu.

“Refleksi ini akan membawa semangat pembenahan dan perubahan yang lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Sahbirin.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut menuturkan bahwa di rentang waktu 7 dekade menjadi sebuah provinsi, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya silih berganti serta berbakti bagi kemajuan daerah.

Hal itulah yang juga harus turut diikuti oleh generasi yang ada sekarang untuk bersama-sama membangun Kalimantan Selatan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ayo kita teguhkan komitmen untuk bersatu dan memberikan karya serta prestasi terbaik bagi Kalimantan Selatan,” serunya.

Sebelum menutup sambutan, Gubernur Kalimantan Selatan pada hari ini juga meresmikan kegiatan 10.000 tes swab masif serentak di 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Dengan harapan seluruh warga terpapar Covid yang masih belum ditangani akan dapat ditemukan, sehingga secepat mungkin memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Paman Birin.

Selanjutnya atas nama pemerintah dan masyarakat Hulu Sungai Utara, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan ucapan selamat hari jadi provinsi kalsel ke-70 serta selamat launching 10.000 swab masif di 13 Kabupaten/Kota Provinsi Kalsel.

“Kabupaten HSU akan berusaha semaksimal mungkin mendukung kegiatan tersebut agar masyarakat Kalsel dan khususnya HSU terbebas dari Covid-19,” kata Wahid.

Wahid juga mendo’akan agar seluruh pimpinan daerah di Kalimantan Selatan selalu sehat dan mendapat berkah dan perlindungan Allah SWT.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT sejak kepemimpinan Gubernur Kalsel H Sahbirinnor dan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan, Kalsel telah mengalami kemajuan yang signifikan di semua bidang. Pembangunan di Kalsel telah dirasakan hingga sampai ke pelosok desa, menjadi provinsi Kalsel yang maju dan terdepan,” ucap Bupati HSU. (Diskominfo/nata/oellah)