DANREM 101/ANTASARI RESMIKAN BANGUNAN BARU KORAMIL 1001-09/AMUNTAI SELATAN

DANREM 101/ANTASARI RESMIKAN BANGUNAN BARU KORAMIL 1001-09/AMUNTAI SELATAN

7th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Setelah menghadiri berbagai rangkaian acara yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Komandan Resor Militer (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah melanjutkan kunjungannya di wilayah Komando Rayon Militer (Koramil) 1001 – 09 /Amuntai Selatan untuk meresmikan bangunan yang telah rampung direnovasi, tepatnya di desa Simpang Tiga Kecamatan Amuntai Selatan, Selasa (28/7).

Pada rangkaian acara peresmian bangunan renovasi tersebut diawali dengan penandatanganan Prasasti oleh Danrem 101/Antasari dan dilanjutkan pemotongan pita oleh Bupati HSU, disaksikan langsung oleh Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, Kajari HSU Novan Hadian, Dandim 1001 Amt/blgn Ali Ahmad Satriyadi, Kapolres HSU Pipit Subiyanto, dan Kepala Perwakilan BKKBN Prov Kalsel H. Ramlan.

Dalam laporannya, Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, dengan adanya bangunan baru ini, kuantitas dan moril kodim tetap terpelihara melalui renovasi bangunan sehingga dikaitkan tugas-tugas kedepan. Selain itu, sebagai upaya pembinaan pangkalan, mengingat kondisi Koramil sebelum direhab rusak berat.

“Dari hal tersebut, sasaran yang telah tercapai renovasi sesuai sipil TNI AD. Pelaksanaan rehab Koramil dimulai sejak 14 januari sampai 7 Juli 2020. Dan alhamdulillah dapat dilaksanakan sampai 100 persen. Kita sampaikan terima kasih atas bantuan pemkab HSU, mitra, kepala desa,” ucap Dandim.

Selain itu Bupati HSU Abdul Wahid HK menyampaikan, Amuntai Selatan merupakan salah satu daerah yang cukup ramai di HSU. Bahkan banyak pusat kegiatan masyarakat. Dibandingkan tahun 2014, jalanan saat memasuki wilayah Amuntai Selatan saat itu masih banyak jalanan berlubang.

“Salah satu Desa di Kecamatan Amuntai Selatan, Desa Simpang Empat di tahun 2013 stunting mencapai 56 %, namun berkat usaha kerja keras bersama pemerintah dan masyarakat serta berbagai unsur lainnya, angka tersebut telah menurun hingga 0 persen di tahun 2017 dan menerima penghargaan dari Panglima TNI,” jelas Wahid.

“Kecamatan Amuntai Selatan juga merupakan daerah sentral industri kerajinan purun, eceng gondok, kerajinan rotan. Dan termasuk daerah yang potensial dan insyaallah hasil ikan di atas 60 persen dijual oleh wilayah makan yang ada di banua 5. Daerah sini mengirim hasil produksi itik hingga ke Kalteng dan Kaltim. Jadi kami bersyukur Kecamatan Amuntai Selatan ini menjadi daerah yang potensial,” tambahnya.

Selain itu Danrem 101 Brigjen TNI Firmansyah yang berhadir mengatakan, rehab Koramil merupakan bentuk kreativitas inisiatif dari Dandim sehingga salah satunya dengan didukung dengan sarana-prasarana yang memadai salah satunya merenovasi bangunan Koramil.

Danrem juga berpesan, dengan adanya bangunan baru ini, bisa meningkatkan kinerja dari anggota Koramil yang ada di sini, dan bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat sekitar. “Tadi telah dijelaskan Bupati bahwa Amuntai Selatan daerah yang berkembang, dan diharapkan dengan keberadaan dan kinerja Koramil yang sekarang kita renovasi ini bisa membantu untuk meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar,” harap Danrem.

“Di kesempatan ini kami berharap kepada Bupati, markas Kodim dan Koramil Amuntai Tengah serta koramil Amuntai Utara masih pinjam pakai. Mohon bantuan ke Bupati agar bisa diserahterimakan ke TNI AD agar bisa disertifikasi. Apabila dapat terwujud, sungguh dapat membuat kita lebih semangat untuk bekerja. Untuk itu saya berharap dengan adanya peresmian harus benar-benar bermanfaat baik untuk daerah dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada Koramil 100-09 /Amuntai selatan dari Danrem 101/Antasari berupa 1 unit komputer, Bupati HSU berupa 1 unit kulkas, dan Ketua DPRD HSU berupa 1unit televisi. (Diskominfo)