BUPATI WAHID TUTUP MTQ KE-48 TINGKAT KABUPATEN HSU

BUPATI WAHID TUTUP MTQ KE-48 TINGKAT KABUPATEN HSU

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Pemukulan bedug oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK menandai ditutupnya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten HSU tahun 2020 yang dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 30 November, di Kecamatan Sungai Pandan, Senin (30/11).

Dalam acara penutupan MTQ ke-48 ini tampak hadir Ketua LPTQ Kabupaten HSU H. Husairi Abdi yang juga sebagai Wakil Bupati HSU, Sekretaris Daerah HSU, Kepala Kantor Kementrian Agama HSU, Ketua DPRD HSU, Ketua TP PKK HSU, dan pejabat SKPD di lingkungan Kabupaten HSU.

Perhelatan MTQ ke-48 tingkat Kabupaten HSU ini, Kecamatan Sungai Pandan yang juga sebagai tuan rumah berhasil meraih Juara Umum, disusul juara 2 yakni Kecamatan Babirik, dan Juara 3 diperoleh Kecamatan Danau Panggang.

Selain itu untuk Juara Umum Perorangan pada MTQ ke-48 kali ini dimenangkan oleh Hj. Nida Khairiah dengan perolehan nilai 98,75 yang berasal dari Kecamatan Amuntai Tengah.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-48 yang juga selaku Camat Sungai Pandan Surya Supi mengatakan, kegiatan MTQ dilaksanakan 5 hari dari tanggal 26 November sampai 30 November, dengan kegiatan sesuai standar protokol kesehatan yaitu lomba diadakan di 11 tempat titik berbeda di kawasan Kecamatan Sungai Pandan.

“Demi menerapkan protokol kesehatan, MTQ ini dilaksanakan tanpa kegiatan pawai taaruf, tanpa panggung utama di tempat terbuka, dan tanpa kegiatan di malam hari serta pembatasan undangan yang hadir,” ucap Supi.

Selain itu MTQ ke-48 kali ini diikuti sebanyak 10 Kafilah dengan total peserta 391 peserta lomba, total cabang lomba yang diselenggarakan sebanyak 9 cabang lomba dengan ketegori putra dan putri.

“Tahun ini terdapat 1 cabang lomba baru yaitu cabang lomba hadist nabi terdiri dari 100 hadist sampai 500 hadist”, pungkasnya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya bersyukur kegiatan MTQ ke-48 tingkat Kabupaten HSU kali ini dilaksanakan meskipun secara sederhana, dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Namun tidak mengurangi substansi dan tujuan pelaksanaan MTQ tahun ini, terlihat para peserta tetap penuh semangat dan antusias memberikan dukungan dan partisipasinya menyemarakkan dan mensukseskan kegiatan MTQ ke-48 ini,” ucap Bupati HSU.

Wahid juga berharap melalui MTQ ke-48 ini dapat semakin mempererat jalinan ukhuwah islamiyah, silaturahmi, dan tali persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sehingga kita kita dapat mewujudkan keamanan persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat di wilayah Kabupaten HSU, apalagi saat ini kita masih menghadapi pandemi covid 19,” tutur Wahid.

Di samping itu juga Wahid berpesan kepada para peserta yang menjadi juara dan dipilih sebagai duta Kabupaten HSU agar giat berlatih dalam rangka menghadapi MTQN tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Selamat, mudah-mudahan keberhasilan ini dapat memacu semangat untuk lebih berprestasi, sedangkan kepada para peserta yang belum berhasil saya harapkan agar tidak patah semangat dan lebih giat lagi mempersiapkan diri untuk berjuang pada kesempatan yang lain,” pungkas Wahid.

(HUMPRO/Diskominfo/crew)