BUPATI HSU BUKA PROGRAM TMMD DI KECAMATAN DANAU PANGGANG

BUPATI HSU BUKA PROGRAM TMMD DI KECAMATAN DANAU PANGGANG

9th December 2020 0 By admin

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di Kabupaten HSU, tepatnya berlokasi di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang.

Berbeda seperti biasanya yang dilaksanakan di Desa yang bersangkutan, karena kondisi Pandemi Covid-19 pembukaan ini sendiri digelar di Aula Dr KH Idham Chalid Amuntai, Selasa (22/9/2020).

Selain Bupati HSU, hadir langsung dalam pembukaan ini Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, Kasrem Korem 101 Antasari, Wakapolres HSU Kompol Irwan S.ST, Ketua DPRD HSU Almien Anshar Safari, Kepada Kankemenag HSU serta unsur Forkopimda di lingkungan Pemkab HSU.

Pembukaan program TMMD ke-109 ini sendiri ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati HSU dan Dandim 1001 Amuntai yang disertai dengan penyerahan peralatan bangunan seperti cangkul, sekop, dan gergaji yang diserahkan kepada perwakilan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas setempat, dan Kepala Desa Sarang Burung.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat membuka program TMMD mengaku menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan TMMD ke-109 tahun 2020 di Kabupaten HSU khususnya bagi desa Sarang Burung.

Bupati Wahid juga mengimbau seluruh pihak untuk saling menjaga kebersamaan untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan, kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan termasuk TNI dan masyarakat.

“Dengan adanya program ini sangat terasa sekali manfaatnya oleh masyarakat Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan bagi kesejahteraan masyarakat dan pertahanan,” kata Bupati Wahid.

Dikatakannya, sebagaimana yang diketahui bersama bahwa program TMMD ke-109 tahun 2020 akan dipusatkan di desa Sarang Burung yang mana masuk sebagai salah satu desa tertinggal di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sementara pelaksanaan program tersebut di antaranya membangun jalan untuk sampai ke Desa Teluk Mesjid melakukan bedah rumah warga yang tidak layak serta melakukan pengecatan dan beberapa kegiatan lainnya seperti memberikan sosialisasi tentang covid-19 serta penegasan peraturan Bupati hulu Sungai Utara tentang nomor 37 tahun 2020 tentang penegakan disiplin penggunaan masker kesehatan kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi program TMMD.

“Kita tentu sangat berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan kita bersama. Kita berharap apa yang dimaksudkan dengan program ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kepentingan bersama dan dapat mendukung terwujudnya visi pembangunan daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara maju, sejahtera, dan produktif,” imbuh Bupati Wahid.

Selain itu, Bupati Wahid juga berpesan kepada badan usaha dan seluruh unsur lainnya yang memiliki keterkaitan program TMMD agar dapat melaksanakan kegiatan secara bersinergi dan terpadu.

“Kita harapkan kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal dalam rangka mewujudkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar lokasi dilaksanakannya program TMMD,” pungkasnya.

Sementara itu Dandim 1001/ Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh serta terciptanya kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka membantu program pemerintah menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun nonfisik agar terwujudnya suasana yang kondusif.

Sementara terkait pertimbangan pertimbangan lokasi kegiatan, Dandim menjelaskan bahwa Desa sarang burung menuju teluk mesjid Kecamatan Danau Panggang merupakan desa tertinggal dan akses jalan menuju daerah tersebut cukup sulit.

“Sehingga atas usulan masyarakat ke Pemkab HSU berkoordinasi dengan Kodim 1001 Amuntai maka dilaksanakanlah TMMD di wilayah tersebut dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Adapun sasaran program TMMD tersebut, tambah Dandim, di antaranya sasaran fisik seperti perbaikan jalan, bedah rumah, renovasi tempat ibadah, dan lainnya, sedangkan untuk sasaran non fisik di antaranya adalah bakti sosial, berbagai sosialisasi, aksi donor darah, pelayanan KB akseptor, pemberian sembako, dan lain sebagainya. (Diskominfo/Wahyu)