RAPAT KOORDINASI JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 1441 H

RAPAT KOORDINASI JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 1441 H

30th November 2020 0 By admin

AMUNTAI – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan semangat dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Guna menjaga persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Koordinasi Kesepakatan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H / 2020 M Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dengan agenda upaya kebersamaan penerapan Jadwal Imsakiyah Ramadhan.

Rapat yang digelar secara physical distancing ini dilaksanakan di Mess Negara Dipa HSU, Rabu (15/4). Dihadiri Bupati HSU, Kepala Kantor Kemenag HSU, Ketua Umum MUI HSU, DPC Muhammadiyah Kabupaten HSU, DPC Nahdlatul Ulama Kabupaten HSU, Kepala Diskominfo HSU, pimpinan Radio Gema Kuripan (RGK), dan sejumlah Tokoh Agama.

Dalam rakor ini, disepakati tentang Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H / 2020 M Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Di samping itu, Ketua MUI Kabupaten HSU KH. Said Masrawan menyampaikan bahwa alat media sirene adalah pertanda saatnya berbuka puasa.

“Agar ada keseragaman dalam sirine, maka patokan sirene seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yaitu melalui Radio Gema Kuripan (RGK) atau melalui siaran Diskominfo HSU,” lanjutnya.

Di akhir rapat, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menghimbau kepada masyarakat Hulu Sungai Utara supaya pelaksanaan amal ibadah di bulan Ramadhan seperti pelaksanaan shalat tarawih dilaksanakan di rumah saja sebagai antisipasi penularan Covid-19.

“Banyak yang memohon pertimbangan kepada kami mengenai pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, jadi kalau bisa shalat tarawih di rumah saja. Tapi ini tergantung masing-masing,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati Wahid juga mengingatkan pentingnya bagi warga masyarakat Hulu Sungai Utara yang bepergian keluar rumah hendaknya menggunakan masker. (Humpro/Diskominfo)