Deklarasi Pemilihan Damai & Protokol Kesehatan Covid-19 di Kabupaten HSU

Deklarasi Pemilihan Damai & Protokol Kesehatan Covid-19 di Kabupaten HSU

10th September 2020 0 By admin

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan semakin dekat. Satu persatu tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini pun dilaksanakan. Salah satunya pada hari ini, Kamis (10/9) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Deklarasi Pemilihan Damai & Protokol Kesehatan Covid-19.

Acara yang dipusatkan di depan Kantor KPU Hulu Sungai Utara jalan Basuki Rahmat ini dihadiri oleh Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, Kapolres HSU AKBP. Afri Darmawan, Ketua Bawaslu HSU Drs. Syardani, Perwakilan DPRD HSU, Perwakilan Kodim 1001/Amuntai-Balangan serta undangan lainnya.

Kapolres HSU AKBP. Afri Darmawan dalam sambutannya memaparkan kesiapan personel Polres HSU menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020 ini.

Adapun langkah-langkah yang diambil Polres HSU terlebih dahulu mengadakan rapat koordinasi dengan KPU HSU dan Bawaslu HSU, kemudian pengamanan baik di Kantor KPU HSU, Bawaslu HSU dan juga gudang logistik pemilu, dan yang utama pengamanan serentak pada hari pemilihan tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Polres HSU akan menerjunkan personel pengamanan sebanyak 185 personel yang nantinya akan didukung 60 personel dari Kodim 1001/Amuntai-Balangan. Menurut data statistik jumlah pemilih yang ada di HSU sebanyak 160.647, dan jumlah TPS sebanyak 507” terang Afri

Adapun Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si menyambut baik dan apresiasi kepada seluruh jajaran KPU HSU dan Bawaslu HSU yang telah melaksanakan Deklarasi Pemilihan Damai dan Protokol Kesehatan Covid-19 di HSU pada hari ini dalam rangka mensukseskan Pimilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020.

Deklarasi Pemilihan Damai dan Protokol Kesehatan Covid-19 ini tentulah sangat penting bagi kita semua agar upaya kita untuk menghindarkan bahaya virus Covid-19 kepada seluruh masyarakat terutama pemilih yang akan memberikan partisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sehingga nantinya memberikan jaminan keamanan dan kesehatan, demi terwujudnya pemilihan yang berkualitas, bermartabat, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Salah satu unsur penting yang menentukan suksesnya pesta demokrasi adalah besarnya partisipasi masyarakat yang tentunya menjadi ukuran bagi besarnya dukungan masyarakat terhadap pimpinan yang dipilih, sehingga kita bisa meyakini bahwa seorang pimpinan benar-benar adalah pimpinan yang disenangi masyarakatnya dan diharapkan sungguh-sungguh memberikan manfaat, kesejahteraan, keamanan dan kedamaian bagi seluruh masyarakatnya” ungkap Bupati Wahid

Wahid menambahkan, Kementerian Dalam Negeri juga telah memberikan arahan dalam vicon yang diikuti Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 HSU kemarin. Yang mana pemerintah daerah diminta untuk memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 saat masa pemilihan umum, menyediakan sarana mencuci tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak serta menghimbau masyarakat menggunakan masker pada saat ke TPS

Selanjutnya Rina Mei Saputri Ketua KPU HSU dalam sambutannya mengatakan Deklarasi Pemilihan Damai & Protokol Kesehatan Covid-19 ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah se-Indonesia yang melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur ataupun Bupati/Walikota.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat HSU tentang penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 dan penerapan protokol kesehatan pada saat pemilihan maupun kepada seluruh jajaran KPU HSU yang bertugas. Para personel KPU yang diturunkan harus mengikuti pemeriksaan kesehatan SWAB sesuai peraturan KPU No.10 tahun 2020. Sehingga personel yang diterjunkan bisa dipastikan aman dan siap melaksanakan tugas dengan baik dan lancar.

“Sesuai dengan semboyan KPU yakni Selamat Bekerja, Bekerja dengan Selamat” ucap Rina

Rina selaku penyelenggara pemilihan berharap kerjasama semua pihak sehingga pelaksanaan Pimilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 ini dapat berjalan lancar dan juga diterapkannya protokol kesehatan Covid-19 guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di HSU

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar bersama deklarasi pemilu damai dan protokol kesehatan Covid-19. Serta pemakaian masker secara simbolis dan juga pembagian masker di Bundaran Kota Amuntai yang diikuti oleh Bupati HSU dan seluruh unsur Muspida yang hadir dalam acara tersebut.

HumproHSU