HSU Raih WTP Untuk Kelima Kalinya

HSU Raih WTP Untuk Kelima Kalinya

16th June 2020 0 By admin

Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali meraih Opini Wajar Tanpa  Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Kalimantan Selatan untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Opini tertinggi kali ini merupakan pencapaian kali kelima berturut-turut sejak 2015.

Penyerahan Laporan Hasil Penilaian (LHP) dilakukan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Tornanda Syaifullah, melalui video conference (vidcon) dengan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, di Mess Negara Dipa Amuntai, Senin (16/6).

Bersamaan dengan itu diserahkan pula LHP LKPD tahun anggaran 2019 kepada seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Opini WTP adalah merupakan suatu apresiasi dari BPK kepada Instansi Pemerintahan dalam melaporkan hasil keuangan secara administratif sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP). Penghargaaan Opini WTP yang di dapat oleh Pemerintah Kabupaten HSU menjadi WTP yang kelima secara berturut-turut.

Kepala BPK RI Provinsi Kalsel Tornanda Syaifullah memberikan apresiasi kepada Kabupaten HSU dimana Kabupaten HSU setiap tahunnya dalam tata kelola keuangan terus meningkat dan tindak lanjut Pemerintah Daerah setiap rekemondasi dari BPK diselesaikan dengan baik.

“Saya lihat tindak lanjut di Amuntai (HSU) sangat bagus, dipertahankan kalau bisa ditingkatkan kembali” pungkas Tornanda.

Melihat hal tersebut Bupati Hulu Sungai Utara H. Abdul Wahid HK mengungkapkan, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat membantu, dimana Kabupaten HSU kembali mendapatkan Opini WTP yang kelima. Ini membuktikan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara telah melakukan pengelolaan keuangan secara akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan baik secara hukum maupun secara penggunaannya.

Dijelaskan dia, menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah beserta jajarannya telah melakukan laporan keuangan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku dengan pengawasan dari DPRD Kabupaten HSU.

“Sehingga menjadi dasar langkah lanjut kedepan terhadap kegiatan yang akan berkaitan dengan pelaksanaan dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah HSU” ujar Wahid.

Bupati Wahid berharap, tata kelola keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten HSU setiap tahunnya semakin membaik, sehingga menunjukkan akuntabilitas, dan masyarakat bisa mendapatkan kepastian bahwa dana APBD Kabupaten HSU bisa dipertanggung jawabkan baik secara fisil atau secara operasional.

Disamping itu Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara Almien Ashar Safari sangat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten HSU atas kembalinya mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian kelima kalinya secara berturut – turut.

“Alhamdulillah selamat dan sukses Pemerintah Daerah Hulu Sungai Utara atas penghargaan yang diterima semoga bisa dipertahankan dan ditingkatkan kembali di tahun tahun berikutnya” ucap Almien.

Almien juga memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) HSU yang telah memberikan pelaksanaan nya secara baik sehingga mendapatkan predikat WTP kembali.

Ia juga mengucapkan terimasih kepada seluruh anggota DPRD HSU atas kerjanya untuk memberikan predikat WTP kembali yang kelima kalinya  di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

(Humpro/Diskominfo)