Di Rakerda Kesehatan Kalsel, Bupati HSU Paparkan Keberhasilan Pencegahan Stunting

Di Rakerda Kesehatan Kalsel, Bupati HSU Paparkan Keberhasilan Pencegahan Stunting

9th March 2020 0 By admin

Bertempat di Ball room Hotel Rattan Inn Banjarmasin,Kegiatan Rapat Kerja Daerah Kalimantan Selatan dibuka langsung oleh Gunernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. Senin (9/3)

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Bupati/Walikota se-Kalimantan Selatan dan seluruh Kepala Dinas Kesehatan Se Provinsi Kalimantan Selatan serta insan kesehatan Kalimantan selatan yang berjumlah kurang lebih 900 orang dari berbagai lembaga dan organisasi serta pemangku kepentingan dibidang kesehatan.

Gubernur Kalimantan Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesehatan tidak hanya tanggung jawab Pemerintah saja namun adalah tanggung jawab kita bersama.

Kesehatan yang dipandang kecil ketika sehat namun menjadi sangat penting dan berpengaruh ketika kita sakit. Sehebat dan sekaya apapun kita ketika sakit akan menjadi tak berharga, hal ini lah yang mendasari bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi situasi yang berkembang saat ini dimana perkembangan dan penyebaran virus corona, Gubernur Kalimantan Selatan menyerukan agar masyarakat menyikapi dengan bijak.

Seperti yang kita ketahui penyebaran virus corona ini dapat dicegah dengan berperilaku hidup bersih dan sehat serta menyikapinya dengan tidak panik dan cemas yang berlebihan.

Sementara Itu dalam acara rapat kerja daerah ini Bupati Hulu Sungai Utara di daulat untuk menyampaikan Bagaimana Usaha Pemerintah Daerah Hulu Sungai Utara dalam Percepatan Pencegahan Stunting dan Implementasi Germas di Hulu Sungai Utara. 

Bupati HSU dalam paparannya menyampaikan bahwa stunting yang awalnya mencapai posisi di 57% saat ini dapat ditekan di angka 32%, hal ini lah yang akhirnya pemerintah pusat dan provinsi memberikan penghargaan terhadap usaha-usaha yang telah diambil Pemkab HSU dalam pencegahan dan penurunan stunting ini.

Penekanan angka stunting ini tentunya melalui proses dan usaha serta komitmen yang tinggi dari Pemkab HSU beserta jajaran serta pelaku dan pemerhati kesehatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, tidak hanya dengan sosialisasi namun berbagai kebijakan dan regulasi sehingga tercapainya penekanan angka stunting seperti saat ini.

Pemerintah Kabupaten HSU terus menerus memberikan perhatian yang serius terhadap masalah ini, hal ini dengan melakukan operasi timbang diseluruh posyandu dan fasilitas kesehatan di HSU. Sehingga angka yang kongkrit dan nyata dapat dipantau dengan baik, dimana langkah dan kebijakan dimasa yang akan datang akan bersumber dari hasil operasi timbang ini.

Bupati HSU diberbagai kesempatan selalu menekankan agar seluruh petugas kesehatan dan kader posyandu untuk dapat memantau perkembangan wanita usia subur, ibu hamil dan balita sehingga pokok atau hulu dari permasalahan stunting ini dapat di cegah sejak dini.

Kemudian selain pencegahan dan penekanan angka stunting berkaitan langsung dengan Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dimana pola makan yang teratur dan bergizi, membiasakan menjaga kebersihan dan selalu memeriksakan kesehatan secara teratur dan berkala menjadi kunci dari keberhasilan Germas ini.

(HumproHSU)