Kick Off Sensus Penduduk 2020 Online

Kick Off Sensus Penduduk 2020 Online

15th February 2020 0 By admin

Amuntai – Bertempat di Aula Hotel Balqis Amuntai, Badan Pusat Statistik (BPS) HSU hari ini 15 Februari 2020 melakukan “kick off” Sensus Penduduk 2020 Online.

Dibuka secara resmi oleh Kepala BPS HSU Sukma Handayani, dirinya mengatakan pada sensus penduduk 2020 terdapat perbedaan mendasar dari sensus tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2020 ini bakal memanfaatkan data registrasi penduduk yang disebut Combined Method (Metode Kombinasi).

Dengan Metode Kombinasi ini, data administrasi yang tersedia pada Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Ducakpil Kemendagri) akan dikombinasikan dengan pencacahan lapangan, baik melalui pendataan mandiri (Sensus Penduduk Online) maupun door-to-door. Sehingga Melalui sensus penduduk kita dapat mengetahui data kependudukan dan arah kebijakan terkait kesejahteraan masyarakat.

“Dengan demikian, kita harapkan saling menguntungkan antara BPS dan Dukcapil terkait update data terkini. Sehingga ke depan data Dukcapil dan sensus penduduk menjadi satu, memberikan kualitas data pendudukan yang lebih bagus, tertata rapi dan lebih baik dari sebelumnya dan masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online.” ungkap dia.

Ariful Romadhon, S.ST Statistisi Pertama/Staf seksi statistik sosial BPS HSU juga menambahkan bahwa sensus penduduk 2020 dilakukan dengan 2 cara yakni pertama, masyarakat mengupdate data kependudukannya sendiri secara online melalui sensus.bps.go.id pada 15 Februari – 31 Maret 2020 dan yang kedua petugas akan mendatangi setiap rumah pada tanggal 1 – 31 juli 2020.

“Adapun data yang harus disiapkan oleh warga antara lain adalah KTP, KK, Akta kelahiran, Buku Nikah (bagi yang sudah menikah) dan Surat Cerai (bagi yang pernah cerai),” terang Ariful.

(HumproHSU/Diskominfo)