SAKIP Award 2019, Pemkab HSU Pertahankan Predikat B

SAKIP Award 2019, Pemkab HSU Pertahankan Predikat B

30th January 2020 0 By admin

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara meraih penghargaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2019 dengan predikat B.

Penghargaan dari MenpanRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) itu, diterima langsung oleh Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, dalam acara SAKIP Award 2019, di Ballroom Hotel Inaya Putri Bali, Senin (27/1)

Adapun penghargaan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan (RB Kunwas) Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh didampingi Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor S.Sos M.H

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, dalam wawancara dengan media bersyukur dan bangga atas prestasi yang dicapai Pemkab HSU pada tahun ini. Pada tahun 2018 nilai SAKIP HSU naik dari CC ke peringkat B, dan pada tahun 2019 Kabupaten Hulu Sungai Utara kembali meraih predikat B.

Bupati Wahid mengucapkan terimakasih atas kerja keras yang telah diupayakan seluruh SKPD dan jajaran Pemkab HSU, dan tidak lepas dari dukungan kerjasama dari masyarakat Hulu Sungai Utara.

Bupati Wahid menekankan implementasi SAKIP yang baik hendaknya selaras terhadap peningkatan pelayanan publik di masyarakat. Sebagaimana yang diamanatkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, tidak hanya mengutamakan proses tetapi hasil dan manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemkab HSU sudah baik dan ke depan harus ditingkatkan” imbuhnya

Bupati Wahid juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang kembali meraih Predikat A. Ada 2 Kabupaten yang meraih predikat BB yaitu Banjarmasin dan Hulu Sungai Selatan. Sedangkan 11 Kabupaten lainnya berada di peringkat B.

Adapun Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan (RB Kunwas) Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh mengatakan, salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan dengan menerapkan SAKIP.

Setiap tahun Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran, sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Tentu kami terus berusaha dengan maksimal. Untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP ini serta melakukan pembinaan berkelanjutan, KemenPAN-RB selalu melakukan evaluasi dan berhasil memetakan menjadi beberapa kategori. Bukan hanya penilaian namun lebih kepada memetakan tingkat efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran,” ujarnya.

Turut hadir dalam penyerahan SAKIP Award 2019 ini Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik S.Sos, Inspektur HSU Abdul Hamid, Kabag Organisasi Setda HSU Tony Fitriadi

(HumproHSU)